Kaltim Siapkan TTG Unggulan Daerah

Jelang TTG-N XVI 2014

SAMARINDA - Pemprov Kaltim siap menjadi tuan rumah dan menampilkan  produk unggulan daeerah pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI-2014 di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda yang dijadwalkan pada 18-23 Juni.

Produk TTG unggulan daerah yang akan dipromosikan antara lain, alat destilasi yang mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM), alat penyisik ikan dan alat teknologi penggorengan amplang dalam jumlah besar dengan memanfaatkan energi listrik.

“Semua itu diharapkan akan ditampilkan pada TTG-N XVI di Kaltim. Sehingga apa yang menjadi keunggulan daerah dapat dikenal dan diketahui seluruh peserta TTG secara nasional,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim,  HM Jauhar Efendi, di Samarinda, Kamis (27/3).

Kendati demikian, keunggulan tersebut tentu akan diketahui  pada gelar TTG Tingkat Provinsi di Kabupaten Paser yang rencananya  dilaksanakan 26-28 April 2014. Melalui TTG tersebut, diharapkan ada karya lain yang juga unggul sehingga layak dipamerkan  pada tingkat nasional. Terutama produk yang ramah lingkungan.

Dari keunggulan tersebut diharapkan dapat diperlihatkan kepada Presiden RI. Karena, tidak mungkin Presiden RI harus melihat karya TTG masing-masing daerah, sehingga dengan demikian Pemprov Kaltim berupaya mencari karya TTG yang betul-betul diunggulkan.

“Melalui tingkat provinsi tersebut kami akan menilai mana yang layak untuk diunggulkan, sehingga TTG Kaltim dapat dikenal secara nasional, bahkan internasional,” jelasnya.

Terkait persiapan jelang TTG-N, sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, minta semua pihak, baik jajaran pemerintahan, swasta, UMKM, media, LSM dan seluruh masyarakat mendukung dan berpartisipasi menyukseskan agenda nasional itu.

Kegiatan itu, akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga perlu betul-betul dipersiapkan. Sebab, selain pelaksanaan tersebut juga rencana akan dilaksanakan peresmian beberapa proyek MP3EI di daerah ini,” jelasnya.

Kegiatan tersebut akan dihadiri para menteri terkait, sejumlah Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi se Indonesia, Ketua TP-PKK serta para Bupati dan Walikota seluruh Indonesia. Sedangkan jumlah peserta diperkiraan mencapai 8.000 orang.(jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation