Kaltim Sosialisasi SIGAP hingga Palembang

M Jauhar Efendi

SAMARINDA – Pengembangan Aplikasi Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan (Sigap) yang diterapkan dalam proses perencanaan pembangunan desa di Kaltim terus dikampanyekan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim hingga kegiatan sarasehan lanskap nusantara 2018 yang merupakan rangkaian South Sumatran Landscape Festival 2018 di Palembang, Sumatera Selatan baru-baru ini.

Kepala DPMPD Kaltim M Jauhar Efendi ketika menjadi narasumber kegiatan tersebut menjelaskan pengembangan Sigap dalam proses perencanaan pembangunan desa di Kaltim dilakukan bersama Kepala Kampung Merabu, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau Agustinus. "Pemanfaatan Sigap diawali di Kabupaten Berau, perencanaan pembangunan dengan pendekatan potensi desa tersebut diharapkan bisa terlaksana di seluruh wilayah Kaltim," kata Jauhar Efendi di Samarinda, Kamis (26/7).

Pengembangan Sigap, secara bertahap akan diterapkan di seluruh wilayah Kaltim. Mimpinya, dari desa untuk Kaltim dan dari Kaltim untuk Indonesia. Mendukung pengembangan tersebut, sebagai penunjang Pemerintah Daerah sudah membentuk Peraturan Gubernur Kaltim tentang Sigap. Prosesnya sudah sampai di Biro Hukum Setprov Kaltim untuk pengesahan. Bila selesai, maka menjadi dasar mendorong setiap desa menerapkan pendekatan Sigap dalam proses perencanaan pembangunan.

Sigap merupakan kerangka pendukung dan pemberdayaan masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan SDA sebagai potensi desa. Pendekatan yang dilakukan bertumpu untuk menemukan kekuatan dan potensi untuk kemudian mendorong desa agar mempunyai tata kelola pemerintahan yang baik, memiliki hak pengelolaan SDA, kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Sigap juga bisa menjadi media transformasi energi positif kepada seluruh warga, berbagi pengalaman antarwarga, mengembangkan budaya saling mengapresisasi, serta merefleksi dan mengevaluasi terhadap perencanaan yang telah dibuat," jelasnya.

Selain itu, Sigap juga sudah mendapat apresiasi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Disebutkannya Menteri Desa pun siap hadir dalam lingkar belajar masyarakat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau akhir Juli ini. (jay/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait