Kaltim Sukses Laksanakan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kaltim Sukses Laksanakan Penyelenggaraan Ibadah Haji

BALIKPAPAN- Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Balikpapan Drs H Saifi MPd mengatakan, secara umum seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 2014 baik pemberangkatan maupun pemulangan, semuanya berjalan sukses, lancar sesuai rencana, meskipun diakui masih ada beberapa hal yang menjadi catatan yang harus ditingkatkan untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun depan.

Dia mengungkapkan kegembiraan dan apresiasi  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faorek Ishak atas keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Untuk diketahui, Embarkasi Haji Balikpapan melayani para jamaah yang berasal dari tiga provinsi yakni Kaltim (termasuk Kaltara), Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

”Atas kerjasama yang baik dari seluruh instansi terkait yang tergabung di dalam panitia penyelenggara ibadah haji tersebut, Pak Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dengan harapan penyelenggaraan ibadah haji akan lebih baik di tahun mendatang,” kata Saifi yang memimpin  rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji pada musim haji tahun 2014  di Aula Jabal Nur Asrama Haji Batakan, Rabu (29/10).

Ketika itu, dalam rapat turut hadir masing-masing kepala bidang yang merupakan perwakilan dari instansi terkait penyelenggaraan ibadah haji seperti dari Keimigrasian, Bea Cukai, Dinas Perhubungan, KKP, Angkasa Pura dan Otoritas Bandara, Maskapai Garuda Indonesia serta panitia intern Asrama Haji Batakan.

Pada rapat evaluasi tersebut, para Kepala Bidang PPIH masing-masing mendapat kesempatan menyampaikan laporan segala bentuk pelayanan yang diberikan kepada para jamaah haji, baik saat jamaah haji diberangkatkan hingga kembali ke Tanah Air, seluruhnya berjalan sukses, walau masih terdapat kekurangan namun hal itu masih dapat teratasi dan tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan ibadah haji.

Usai rapat evaluasi digelar, sebagai ungkapan syukur atas kelancaran penyelenggaraan ibadah haji, rapat ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ust H Izzat Solihin SAg.

Sementara itu kedatangan jamaah haji Kloter 12 asal Kaltim, Kamis (30/10) pukul 04.55 Wita  merupakan kloter terakhir debarkasi haji Balikpapan. Dengan demikian jumlah jamaah haji yang telah diberangkatkan dan kembali ke Tanah Air sebanyak 4.231 orang, termasuk petugas yang menyertai jamaah yang terbagi ke dalam 12 kloter. Rinciannya 2.262 orang jamaah haji asal Kaltim, 1.413 orang jamaah asal Sulteng, dan 556 orang jamaah haji asal Sulut. Sedangkan yang meninggal dunia (wafat) sebanyak 8 orang, 6 orang wafat di tanah suci dan 1 orang wafat saat diperjalanan menuju Tanah Air. (*/hmsprov)

 

//Foto: SEMOGA MABRUR. Penyambutan kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Batakan Balikpapan. (dok/humasprov kaltim).

Berita Terkait