Kaltim Summit III Lanjutan Kaltim Summit I dan II

H Zairin Zain

 

SAMARINDA - Pelaksanaan Kaltim Summit III Tahun 2018 merupakan rangkaian dari pelaksanaan Kaltim Summit I yang pernah dilaksanakan pada 7 Januari 2010 dan Kaltim Summit II pada 30-31 Januari 2013. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim H Zairin Zain menjelaskan, Kaltim Summit III yang akan digelar 15 Februari 2018 mendatang sekaligus menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Katim ke-61. “Kegiatan ini sebagai upaya kita bersama untuk mencari sebuah jawaban atas keinginan dan semangat yang kuat dalam melakukan percepatan pembangunan Kaltim ke depan,” kata Zairin.

 

Saat ini, ujarnya Kaltim telah memasuki tahap akhir rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2013–2018. Secara kasat mata pembanguan yang telah  dilakukan terlihat belum optimal dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Diungkapkan Zairin, hal ini terjadi karena  pelaksanaan pembangunan daerah ini masih menghadapi banyak persoalan yang menghambat (bottleneck). Sehingga perlu dilakukan upaya untuk menemukenali persoalan dan menyusun langkah solutif untuk percepatan pembangunan.

 

Di sisi lain, disadari bahwa pembangunan adalah tanggung jawab bersama pemerintah, swasta, dan masyarakat, sehingga menuntut peran serta aktif stakeholders (pemangku kepentingan) untuk pelaksanaan pembangunan yang lebih terarah, sinergi dan berkesinambungan. Dengan demikian, pemangku kepentingan perlu duduk bersama dalam upaya sinkronisasi, koordinasi, konsultasi dan negosiasi dalam wadah diskusi dan rapat kerja yang dikemas dalam Forum Kaltim Summit III Tahun 2018. Harapan yang besar pada forum dimaksud menurut dia, agar dapat menghasilkan rencana aksi untuk optimalisasi pelaksanaan pembangunan. “Utamanya dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga target pembangunan Kaltim dapat tercapai dan terwujud,” ujarnya. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation