Kaltim Target Tanam 250 Ribu Bibit Lada Malonan 1


 

BATUAH – Guna memenuhi kebutuhan petani terhadap ketersediaan bibit unggul berkualitas, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim akan menargetkan mengembangkan 250 ribu bibit Lada Malonan 1 pertahun.

Target itu diungkapkan Plt Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad pada peringatan Hari Perkebunan ke-59 Tahun 2016 di  Kebun Induk Lada dan Kelapa kilometer 42 Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (10/12).

Menurut dia, Malonan 1 merupakan bibit unggul (plasma nutfah) Kaltim sebagai komoditas perkebunan yang telah disertifikasi Kementerian Pertanian. “Kami telah mendesain stasiun lada ini (kebun induk) untuk mengembangkan bibit Malonan 1 sesuai target 250 ribu bibit pertahun,” kata Ujang Rachmad.

Dia menyebutkan stasiun lada kilometer 42 Loa Janan seluas 7,5 hektare dikelola UPTD Teknologi Terapan Perkebunan (TTP) mengembangkan komoditas strategis perkebunan diantaranya kelapa kopyor, sawit, kopi, karet dan lada.

Stasiun lada selama ini sangat mendukung dalam menyediakan bibit-bibit unggul komoditas perkebunan bagi petani kabupaten dan kota di Kaltim. Selain itu, kebun induk memiliki potensi menghasilkan bibit lada, kelapa sawit dan kelapa kopyor minimal Rp2 miliar pertahun.

“Pada bagian kebun induk ini ada sekitar dua hektare merupakan kebun lada yang kita dorong lebih dioptimalkan untuk pengembangan Malonan 1 sesuai keinginan Gubernur guna memenuhi kebutuhan bibit unggul berkualitas bagi petani di Kaltim,” sebut Ujang.(yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait