Kaltim Terbaik II Nasional Festival Pertunjukan Rakyat

Kaltim Terbaik II Nasional Festival Pertunjukan Rakyat

PADANG - Kaltim berhasil menjadi pemenang Terbaik II pada Festival Pertunjukan Rakyat dalam rangkaian Pekan Informasi Nasional (PIN), Minggu malam (25/5) di GOR Agus Salim Padang. Kontingen Kaltim yang diwakili Komunitas Seni Budaya “Seraong” Kutai Kertanegara sukses mengemas pesan dan menyampaikannya secara artistik sehingga memesona dewan juri.

“Keindahan seni budaya tidak dapat dipertandingkan satu sama lain karena semua khasanah budaya memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Namun kemampuan peserta menyajikan pertunjukan menghibur melalui seni tari yang efektif sebagai media komunikasi sosial, itulah yang dinilai, “ kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Suprawoto usai penyerahan penghargaan kepada para pemenang. Piagam penghargaan untuk Kaltim diterima oleh Kabid Dokumentasi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Hendro Prasetyo.

Lebih lanjut Suprawoto menyebut kemenangan ini diberikan kepada kontingen yang mampu mengejawantahkan keindahan seni secara artistik, informatif dan efektif. Penilaian tidak hanya dari sisi penampilan yang atraktif, penuh gebyar dan tata panggung gemerlap, namun lebih kepada komunikasi pesan,  unsur hiburan dan penunjang lainnya.

Dia juga menjelaskan, gelaran ini sekaligus menjadi sarana untuk memberdayakan kemampuan media Pertunjukan Rakyat (Petunra) dalam  menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat. 

Festival Pertunjukan Rakyat tingkat nasional ini diikuti 34 perwakilan provinsi. Penyisihan peserta dilakukan sebelum kegiatan Pekan Informasi Nasional (PIN). Secara keseluruhan, pemenang Terbaik I diraih Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kalimantan Timur di posisi kedua dan Provinsi Sumatera Utara meraih predikat Terbaik III.  Selain itu juga diberikan apresiasi dan penghargaan kepada sutradara terbaik, pemeran wanita dan pria terbaik.

Gelaran Pekan Informasi Nasional dibuka Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring Sabtu (24/5), dimeriahkan dengan berbagai kegiatan bimtek, pertunjukan rakyat, pameran dan sarasehan kelompok informasi masyarakat. Diharapkan kegiatan ini mampu menyajikan informasi yang mendidik, mencerahkan, memberdayakan  dan menggugah semangat cinta tanah air. Pekan Informasi Nasional tahun depan akan digelar di Kalimantan Timur. (ist/sul/hmsprov)

/////FOTO : Aksi para penari dari Komunitas Seni Budaya “Seraong” Kutai Kertanegara di panggung Festival Pertunjukan Rakyat. (ist/humasprov)

Berita Terkait