Kaltim Terima Hibah 10 Ribu DOC Ungas Unggul Lokal. Kementan Gelar Bimtek Ternak Ayam

ist

SAMARINDA - Kementerian Pertanian melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak ( BPTU-HPT) Sembawa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Unggas Lokal bagi calon penerima manfaat.

Kegiatan berupa Bimtek pemeliharaan ternak ayam di kelompok tani ternak digelar selama dua hari (14 - 15 Oktober) di Ballroom 2 Hotel Selyca Mulia Jalan Bhayangkara Samarinda.

Kegiatan diikuti 20 Poktan dari tujuh kabupaten dan kota di Kaltim. Yakni, Samarinda, Kabupaten Paser, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Berau.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim Dadang Sudarya, Bimtek dalam rangka menyiapkan calon penerima manfaat (Gapoktan/Poktan) tani ternak berupa 10 ribu ayam (DOC) dari Kementan.

"Bimtek ini dalam upaya mendukung pengembangan 10.000 ekor unggas lokal program Kementan. Sebagaimana janji Pak Mentan Andi Amran Sulaiman saat Rakor di Balikpapan," kata Dadang Sudarya, Senin (14/10/2019).

Didampingi Kabid Perbibitan dan Budidaya I Gusti Made Jaya Adhi, Dadang berharap Gapoktan/Poktan calon penerima manfaat secara percuma dari Kementan ini bisa melaksanakan program dengan baik bahkan berhasil.

"Sebab, pelaksanaan program ini menjadi tolok ukur dan evaluasi pemerintah untuk bantuan berikutnya," ujarnya.

Karena, pemerintah telah memprogramkan bantuan 50 ribu ayam DOC untuk tahun 2020. "Oleh sebab itu, program 10 ribu ini wajib sukses," harapnya.

Dadang menambahkan program bantuan (hibah) 10 ribu DOC tahun 2019 dan akan dilipatgandakan (50 ribu ekor) tahun 2020. Guna menyiapkan ketersediaan protein asal hewani, khususnya unggas bagi warga Kaltim menyongsong penetapan sebagai ibu kota negara Indonesia.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation