Kaltim Tuan Rumah

* Rakernas IV Asosiasi Bappeda 26-28 Februari 2013

SAMARINDA–Kaltim mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Asosiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraan Rakernas kali ini akan dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, 26-28 Februari 2013.

Kepala Bappeda Kaltim Dr H Rusmadi mengungkapkan Rakernas ini adalah agenda tahunan dari Asosiasi Bappeda Provinsi Seluruh Indonesia dengan tujuan untuk melakukan pembahasan manajemen perencanaan, manajemen pengelolaan keuangan dan penatausahaan dan evaluasi hasil kesepakatan pada pelaksanaan Rakernas pada tahun sebelumnya, serta penetapan lokasi penyelenggaraan Rakernas pada tahun berikutnya.

“Untuk 2013 ini Kaltim dipercaya sebagai tuan rumah, dengan tema Sinergi Perencanaan Multi Pihak Untuk Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur, Kependudukan dan Lingkungan Hidup yang Bermutu dan Akuntabel,” ungkap Rusmadi, Jum’at (22/2).

Dijelaskannya, Rakernas IV Asosiasi Bappeda Provinsi se-Indonesia akan dibuka oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian paparan dari Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Prof Dr Armida S Alisjahbana, tentang perencanaan pembangunan Indonesia “Konektivitas Lintas Koridor Pembangunan Ekonomi dalam Integrasi Milestone MP3EI Pusat dan Daerah”.

Selain itu, sambung dia, juga disampaikan pemaparan nara sumber yang berasal dari sejumlah kementerian terkait, yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perekonomian.

“Bappeda Kaltim juga mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan paparan terkait best practice tentang “Pembangunan Rendah Karbon” yang sudah diterapkan Kaltim dalam beberapan tahun terakhir,” jelasnya.

Best practice lainnya yang akan dipaparkan pada kesempatan itu, antara lain yang akan disampaikan Bappeda DKI Jakarta tentang “Lingkungan dan Kependudukan”, serta Best Practice Bappeda Jawa Barat tentang “Memantapkan Pelaksanaan RKPINDO Online Adopsi dari RKPD Jabar Online”.

Untuk diketahui, Asosiasi Bappeda Provinsi se-Indonesia didirikan bertujuan untuk menumbuhkembangkan kemampuan profesi dan pengembangan karir aparatur Bappeda Provinsi, serta membantu para aparatur Bappeda Provinsi se-Indonesia dalam melaksanakan tugas dan peran strategisnya di daerah. (her/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation