Kaltim Tuan Rumah 5th IPC

BALIKPAPAN - Kaltim terpilih sebagai tuan rumah pertemuan 5th International Pepper Community (IPC) yang dihadiri enam negara penghasil lada dunia. Diantaranya, negara India dan Sri Lanka, Vietnam, Indonesia serta Malaysia dan Brasil.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati mengatakan pertemuan yang dilaksanakan sejak 14-18 Maret itu bertujuan membahas perkembangan lada sedunia.

Selain perkembangan lada  juga membahas permasalahan yang mempengaruhi serta solusinya dalam mempertahankan kualitas lada khususnya lada Kaltim.

“Diharapkan pertemuan itu mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas lada di Indonesia, sehingga mampu bersaing di pasar dunia. Namun, perlu perhatian dan support pemerintah daerah,” katanya.

Etnawati  mengungkapkan Kaltim dipilih tuan rumah pertemuan karena menjadi salah satu daerah penghasil lada putih di Indonesia. Selanjutnya, ada beberapa daerah di Indonesia yang akan menyusul seperti Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.

Dijelaskannya, program ke depan yang akan dilakukan untuk meningkatkan eksistensi lada Kaltim dengan melakukan suatu rancangan, pembinaan dan pendampingan teknologi kepada seluruh petani lada.

Disebutkan Etna, di Kaltim ada beberapa lokasi yang sangat potensial untuk pengembangan lada. Yakni, Kutai Kartanegara (Kukar), Penajam Paser Utara (PPU) dan Berau.

Pertemuan negara-negara penghasil lada itu harus dimanfaatkan secara baik. Satu contoh untuk pengembangan lada organik di Kaltim bahkan Indonesia.

“Ke depan kita akan menggunakan zat alami yang sifatnya nabati, guna pengendalian hama dengan tidak menggunakan pestisida dan sejenisnya,” ujar Etnawati. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait