Kaltim Tuan Rumah Even Nasional Merajut Indonesia

SAMARINDA - Mengantisipasi tergerusnya nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan program yang diberi nama Merajut Indonesia. Program ini dikemas lewat kegiatan bakti pemuda tingkat nasional.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sigit Muryono menjelaskan, program Merajut Indonesia akan digelar di lima lokasi. Diawali pada 20 Mei 2013 di Miangas, Sulawesi Utara berbarengan dengan Hari Kebangkitan Nasional.
Selanjutnya, program dilaksanakan berturut-turut di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur pada Juni 2013,  Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam pada Agustus 2013, Kota Merauke, Papua pada September 2013 dan berakhir di Samarinda Kaltim pada 28 Oktober mendatang.  
Dijelaskan, program Merajut Indonesia ini bisa diibaratkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tingkat nasional dan diikuti oleh semua elemen masyarakat.
"Kaltim mendapat kehormatan menyelenggarakan even nasional  Merajut Indonesia, tentunya sebuah kebanggaan tersendiri yang  bertujuan menanamkan jiwa patriotisme  dan cinta tanah air  kepada para pemuda seluruh  Indonesia," tegasnya.
Pelaksanaan di Kaltim nanti  akan dilakukan selama tiga hari pada 26 hingga 28 Oktober, tepat pada puncak peringatan Sumpah Pemuda secara nasional dan rencananya akan dihadiri Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan tokoh-tokoh penting negeri ini.
"Mari seluruh masyarakat Kaltim mendukung kegiatan akbar dan nasional ini, dukungan itu tidak harus datang ke tempat acara, tetapi bisa dilaksanakan di masing-masing daerah," imbaunya.    
Sigit menguraikan, Merajut Indoneisa  di sini harus dimaknai agar komponen anak bangsa mempererat kembali simpul-simpul persatuan dan kesatuan  para pemuda di seluruh Indonesia.
"Merajut Indonesia itu jangan diartikan bahwa Indonesia sekarang sedang terkoyak. Kegiatan ini untuk mempererat simpul persatuan bangsa dan menyiapkan kader yang memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi," tegasnya. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation