Kaltim Tuan Rumah Konferensi Internasional Hukum Islam

Hj Meiliana dan Bohari Yusuf saat pembukaan 3rd ICILI. (yuvita/humasprov)

SAMARINDA - Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menjadi pembicara pada 3rd Internasional Conference on Islamic Law in Indonesia (ICILI) yang dipusatkan di Gedung Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, sejak 4-6 September 2018.

Peserta terdiri dari perwakilan Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Inggris dan Indonesia. Indonesia dihadiri Asosiasi Dosen Hukum Islam Indonesia dan pertemuan diikuti sebanyak 150 peserta.

Meiliana berharap semoga pertemuan tersebut menghasilkan rekomendasi-rekomendasi tentang bagaimana penegasan hukum Islam di lima negara yang mengikuti pertemuan ini, sehingga bisa diajarkan di masing-masing perguruan tinggi di lima negara maupun dunia, khususnya Kaltim.

"Selain itu pertemuan tersebut sebagai ajang silaturrahim antardosen hukum Islam di lima negara. Diharapkan implementasi rekomendasi yang dihasilkan dari pertemuan ini bisa dilaksanakan di kampus-kampus yang mengikuti pertemuan ini," kata Meiliana di Rektorat Unmul, Selasa (4/9).

Melalui implementasi hukum Islam yang diajarkan di kampus-kampus, diharapkan bisa diterapkan dalam menyukseskan penyelenggaraan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta sosial masyarakat.

Misal, mengenai permasalahan perbankan hingga hukum nikah dan cerai maupun zakat. Karena, apabila semua dilaksanakan dengan hukum Islam, tentu akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat.

"Rekomendasi dari pertemuan tersebut nantinya pemerintah inginkan, termasuk dapat disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai bagian masukan dan saran untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Selain itu, melalui pertemuan ini, Meiliana berharap Kaltim memberi kesan yang baik dan nyaman bagi peserta ketika kembali ke negara masing-masing. Hadir Wakil Rektor IV Unmul Bohari Yusuf yang juga membuka pertemuan tersebut. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait