Kaltim Tuan Rumah Pameran Kehutanan Terbesar di Indonesia

Gubernur Awang Faroek bersama Kepala Dinas Kehutanan dan Project Manager Indogreen Arny Shahrul saat audensi Senin kemarin. (SENO/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  sangat mendukung   pelaksanaan 1 Dasawarsa Indogreen Environment & Forest Expo 2018.  Pameran  kehutanan dan lingkungan terbesar di Indonesia  tersebut merupakan penyelenggaran pertama di luar Pulau Jawa dan rencana pembukaannya akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Dr Ir Siti Nurbaya Bakar. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak sangat mendukung penunjukan Kaltim sebagai tuan rumah penyelenggaraan pameran kehutanan dan lingkungan yang akan dilaksanakan  di Convention  Hall  Samarinda pada 5- 8 April 2018. 

 

Awang Faroek mengharapkan agar pelaksanaan 1 Dasawarsa Indogreen Environment & Forest Expo 2018 bisa melibatkan seluruh stakeholders termasuk perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim khususnya di sektor kehutanan maupun perkebunan. "Kaltim sebagai tuan rumah 1 Dasawarsa Indogreen Environment & Forest Expo 2018 sangat tepat. Apalagi Kaltim memiliki komitmen dalam melaksanakan  program pembangunan Kaltim Hijau (Green Kaltim) yang berwawasan lingkungan. Hal ini diperkuat dengan pelaksanaan Green Growth Compact (GGC) dengan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melibatkan semua pemangku kepentingan, pemerintah, swasta dan masyarakat. 

 

Selain itu, lanjut Awang Faroek, Kaltim juga  telah  dipercaya menjadi  tuan rumah pertemuan tahunan Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Perubahan Iklim atau Governors Climate and Forests Taskforce (GCF) dari 35 provinsi dan 9 negara bagian. "GCF diselenggarakan di Kota Balikpapan,  25-29 September 2017 lalu.  Tugasnya merupakan kolaborasi di level subnasional yang mencakup 35 negara bagian dan provinsi dari 9 negara di seluruh dunia, guna menjaga hutan tetap lestari dan mengatasi permasalahan perubahan iklim," kata Awang Faroek Ishak saat beraudiensi dengan Project Manager Indogreen Arny Shahrul yang didampingi kepala Dinas Kehutanan  Kaltim Ir Wahyu Widhi Heranata di ruang kerja Gubernur Kaltim, Senin (19/3).   

 

Dengan tema transformasi eknomi Kaltim dalam mewujudkan ekonomi nasional, lanjut Awang  pelaksanaan 1 Dasawarsa Indogreen Environment & Forest Expo 2018 diharapkan dapat berjalan sukses aman dan lancar. Sementara Arny Shahrul mengatakan, penyelenggaraan 1 Dasawarsa Indogreen Environment & Forest Expo 2018 merupakan penyelenggaraan yang ke-10 di luar Pulau Jawa, dan merupakan pameran kehutanan dan lingkungan terbesar di Indonesia.

 

Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama PT Wahyu Promo Citra dengan Kementerian LHK dan Pemprov Kaltim. saat pelassanaan nanti berbagai kegiatan  dilaksanakan diantaranya pemutaran video kompilasi perjalanan pameran Indogreen Environment Expo menuju 1 Dasawarsa (2009-2018).

 

Kemudian dialog Menteri LHK dengan para pelajar dengan tema Generasi Muda Borneo  Cinta Hutan, talk show terkait kontribusi  ekonomi sektor kehutanan dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional, seminar, green tour jelajah Sungai Mahakam dan pembagian bibit pohon. "Selain itu juga akan digelar green funbike, lomba menggambar, green acoustic festival, pemilihan duta sekolah lingkungan hijau, story telling, serta sejumlah kegiatan lainnya," kata Arny Syahrul. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation