Kalimantan Timur
Kaltim Tuan Rumah Rembuk


SAMARINDA- Pemprov Kaltim melalui Badan Katahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim kembali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Rembuk  Utama Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Tingkat Nasional yang akan digelar pada  22-26 September  2016.
Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak meminta kepada  Badan Katahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim bersama dinas, instansi serta lembaga terkait lainnya segera mempersiapkan secara maksimal sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa berjalan sesuai yang diharapkan bersama.
“Ini kan kegiatan nasional, oleh karena itu  mulai sekarang sudah perlu melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan kementerian terkait maupun dengan kabupaten/kota serta  dinas instansi maupun lembaga terkait,” kata Awang Faroek Ishak.
Hal tersebut dikatakan Gubernur saat beraudensi dengan Kepala Badan Katahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim  Fuad Asaddin, Ketua Panitia Expo KTNA  Nasional Henni Mappatangka, Kelompok Kerja Ketahanan Pangan Kaltim bersama  Komisi Penyuluh, Dewan Ketahan Pangan Kaltim,  KTNA Kaltim,  serta perwakilan dinas instansi terkait lainnya yang ditunjuk sebagai pelaksanaan Rembuk Utama KTNA yang berlangsung di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Selasa (26/7).
Gubernur juga meminta agar momentum Rembuk Utam KTN Nasional bisa dijadikan ajang untuk mencari solusi dalam upaya mewujudkan katahanan dan kemandirian pangan di Kaltim tercapai sesuai target, bukan hanya di sektor katahanan pangan di sektor pertanian, tetapi pada sektor lainnya baik peternakan, perikanan serta sektor lainnya.
“Target saya tidak muluk-muluk, kemandirian dan ketahanan pangan suatu saat semua kebutuhan rakyat Kaltim khususnya sembilan bahan pokok bisa dipenuhi sendiri, dan komitmen tersebut bisa terwujud asalkan didukung oleh seluruh kabupaten/kota di Kaltim,” kata Awang Faroek.  
Sementara itu, Kepala Badan Katahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim  Fuad Asaddin menjelaskan, selain Rembuk KTNA Nasional, juga akan digelar KTNA Exspo Nasional, Peringatan HUT  KTNA Kaltim  ke-9 dan  bedah buku yang menceritakan sejarah KTNA yang dibentuk sejak tahun 1970 sampai sekarang ini, yang nantinya akan dipusatkan di  Geduang Convention Hall Samarinda.   
“Untuk persiapannya sudah kita lakukan secara maksimal, sekarang ini tinggal menunggu turunya dana tambahan, kalau itu sudah ada maka kita akan terus melakukan persiapan pemantapan di lapangan,” ujarnya.(mar/humasprov) 

Berita Terkait