Kaltim Tuan Rumah yang Ramah

Kaltim Tuan Rumah yang Ramah

 

SAMARINDA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengungkap alasan, mengapa Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XVI 2014. 

Salah satu alasan yang dikemukakan Mendagri adalah track record Kaltim yang sukses menggelar even bertaraf nasional maupun internasional. Faktor kuat lainnya adalah sambutan hangat dan antusiasme masyarakat Kaltim terhadap peserta dari berbagai daerah yang datang ke Kaltim.

“Kaltim adalah tuan rumah yang ramah dan baik. Sukses Kaltim dalam sejumlah even nasional dan internasional juga sudah sangat teruji," ujar Gamawan saat upacara pembukaan Gelar TTG Nasional XVI 2014 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Kamis (19/6).

Menurut dia, sukses perhelatan akbar TTG akan menjadi momentum strategis dalam upaya menyebarluaskan hasil karya teknologi anak bangsa agar dapat diaplikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna di lingkungan.

Gelar TTGN yang berlangsung sejak 18 Juni hingga 23 Juni 2014 menyajikan pameran teknologi tepat guna yang diikuti sekitar 400 stan dari provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Selain itu juga digelar lokakarya TTG dalam rangka berbagi wawasan dan dalam upaya meningkatkan komitmen dan inovasi pemerintah daerah dalam pemanfaatan teknologi tepat guna sesuai potensi dan sumber daya lokal di wilayah masing-masing. Hal ini sekaligus evaluasi apakah berbagai jenis TTG dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan masyarakat secara efisien dan efektif.

“Peserta TTG juga akan mengikuti Widya Teknologi dalam upaya meningkatkan cakrawala tentang pemanfaatan TTG di lingkungan Kaltim, khususnya di wilayah Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Selain itu, berbagai TTG unggulan akan diidentifikasi oleh panitia dan siap disebarluaskan ke masyarakat sebagai upaya pemberdayaan dan pendayagunaan TTG yang berkelanjutan. Pemerintah juga memberikan kesempatan kepada UMKM untuk menggelar hasil karya mereka.

“Pelaksanaan Gelar TTG telah berlangsung di 15 provinsi sebelum di Kaltim. Sejak itu, terbuka peluang untuk membuat kontrak order ataupun MoU serta transaksi bisnis dari berbagai pihak. Hal ini merupakan dampak positif dari penyelenggaraan gelar TTG. Tidak terkecuali pada Gelar TTG XVI di Samarinda. Sebab itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik," ujar Gamawan.

Pada kesempatan itu, Mendagri bersama dengan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di daerah.

Mendagri Gamawan Fauzi juga menyerahkan sejumlah penghargaan baik kepada perseorangan maupun daerah atas komitmen terhadap pengembangan teknologi tepat guna. Kategori penghargaan yang diberikan diantaranya, Piagam Penghargaan LIPI dan sertifikat Paten Granted 2013.

Selanjutnya, piagam penghargaan dan piala juara seleksi Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) berprestasi tingkat nasional, dimana juara umum diberikan kepada Posyantek Kecamatan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Sedangkan wakil Kaltim, yakni Posyantek Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur mendapat juara harapan III. (her/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Lensa Kaltim Maju 2018
Lensa Kaltim Maju 2018

07 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Kaltim Siap Distribusikan BLSM
Kaltim Siap Distribusikan BLSM

25 Juni 2013 Jam 00:00:00
Sosial

Negara Tidak Pernah Melegalkan Prostitusi
Negara Tidak Pernah Melegalkan Prostitusi

26 Februari 2016 Jam 00:00:00
Sosial

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

03 Oktober 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation