Kampanye Anti Narkoba Mengarah ke Lingkungan Kerja

Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono menyalami para pegawai peserta kampanye anti narkoba. (IST/BNNP)

 

SAMARINDA - Peran aktif instansi pemerintah dalam upaya program pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) menjadi sangat penting dan strategis untuk mengatasi permasalahan  penyalahgunaan dan peredaran  narkoba di Kaltim.

 

Karena itu, BNNP Kaltim melalui Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menggelar  pelatihan dan pembinaan melalui pembangunan  kapasitas P4GN di instansi pemerintah di lingkungan Pemprov Kaltim, diikuti sebanyak 40 pegawai pemerintah yang merupakan perwakikan dari masing- masing instansi. "Diharapkan pelatihan dan pembinaan melalui  pembangunan kapasitas P4GN di instansi pemerintah dapat memberikan kontribusi terhadap upaya  mendorong seluruh pegawai untuk ikut menyatakan perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masing-masing tempat kerja," kata Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono usai menjadi narasumber dan membuka pelatihan dan pembinaan P4GN di Samarinda, Selasa (17/4).

 

Raja Haryono mengatakan kegiatan ini sebagai upaya pengembangan penggiat  anti narkoba sebagai perpanjangan tangan BNN untuk menyampaikan tentang bahaya narkoba terutama di lingkungan instansi pemerintah.  Sehingga lingkungan kerja akan menjadi imun dan pegawai memiliki pola pikir, sikap dan terampil untuk menolak penyalahgunaan narkoba, sehingga terwujud lingkungan kerja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

 

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan para pegawai penggiat anti narkoba tentang pengetahuan dan pemahaman mengenai P4GN melalui keikutsertaan dalam pembinaan dan pelatihan dengan harapan akan tumbuh pemahaman, kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam bidang P4GN. "Memberantas Narkoba adalah tugas yang cukup berat dan memerlukan kerjasama banyak pihak salah satunya instansi pemerintah. Karena itu, kami mengajak peserta untuk ikut berperan aktif dan mau bekerja sama melakukan upaya P4GN demi mewujudkan Kaltim Bersih Narkoba, sesuai keinginan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Kaltim Zero Narkoba," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait