Kampung Iklim Bersinar Balikpapan


BALIKPAPAN - Kegiatan Fasilitasi Tata Kelola Kampung Iklim (Proklim) Program Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund (FCPF-CF) berlanjut  mengunjungi Proklim Bersinar Kelurahan Teritip Balikpapan (15/11)

Dibentuk di tahun 2017 dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2018

Di Proklim Kelurahan Teritip ini terdapat 15.390 jiwa yang terbagi menjadi 33 RT. Widodo, Ketua Sekretariat Proiklim Bersinar mengatakan program ini sebagai komitmen yang ditekadkan secara bersama untuk pembangunan di kampung.

Dijelaskannya, di Balikpapan slogan yang bangun adalah Mandiri, Terampil dan Berdaya. Proklim ini adalah membentuk keswadayaan masyarakat.

Bagaimana membudidayakan Pepaya Sehat serta menggunakan pupuk organik dan mengemas dengan baik. "Selain itu, di Teritip ada potensi pengembangan sapi dan ikan kolam terpal," jelasnya.

Kegiatan berlanjut mengunjungi kawasan Hutan Mangrove Kelurahan Teritip.

Zakaria selaku pengelola hutan mangrove berharap adanya Proklim akan membantu (mensupport) percepatan legalisasi di kawasan mangrove.

"Saat ini legalitasnya belum jelas. Padahal  ada 4 speciess dan 12 jenis mangrove yang sangat bermanfaat. Terutama bisa menahan abrasi ombak besar dari laut" jelasnya.(tya/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation