Kampung Tukuq Buat Kaltim Bangga


PADANG - Berada jauh di pedalaman bukan berarti harus sepi prestasi. Kampung Tukuq di Kecamatan Bentian Besar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) memberi bukti itu. Kampung yang berbatasan dengan Kampung Tambaba, Kecamatan Barito Utara, Kalimantan Tengah itu sukses mengukir prestasi hebat pada gelaran Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tingkat Nasional Tahun 2019 yang digelar di Lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat.  Dari ujung pedalaman, Kampung Tukuq sukses mengharumkan nama Kaltim di kancah nasional.

Kampung Tukuq sukses meraih Pakarti Utama II Tingkat Kabupaten sebagai Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK. “Syukur alhamdulillah, sangat membanggakan dan membahagiakan. Itulah hasil kerja keras. Warga pedalaman Kutai Barat di Desa Tukuq membuktikan bahwa daerah pedalaman ternyata juga mampu bersaing di level nasional. Terima kasih untuk semuanya,” kata Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi dan Kepala DPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi usai penyerahan piagam penghargaan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Rabu (24/7/2019).

Berjarak sekitar enam jam perjalanan darat dari ibu kota Kutai Barat, Barong Tongkok, kampung ini dinilai sangat sukses mengembangkan program UP2K. Salah satunya kerajinan anyaman rotan menjadi berbagai produk olahan berkualitas dan bernilai tambah, seperti tikar, tas motif, sepatu, topi, dan lain sebagainya.

Hampir semua keluarga di kampung tersebut menekuni usaha kerajinan rotan. Dan sebagian produk warga Kampung Tukuq sudah laku terjual di arena Pameran HKG di Kota Padang, bahkan sebelum pameran itu dibuka oleh Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Rabu sore.

Usaha kerajinan anyaman rotan ini pun memberikan dampak sangat baik terhadap upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di kampung setempat. Meski menghadapi banyak hambatan seperti infrastruktur jalan yang sebagian rusak dan berlubang semangat warga Kampung Tukuq tak pernah kendur. Ketiadaan listrik PLN juga tak membuat mereka menyerah. “Semangat warga Kampung Tukuq ini harus kita tiru. Alhamdulillah, kerja keras dan semangat mereka terbayar dengan prestasi membanggakan ini,” tegas Norbaiti.

Selain Kampung Tukuq, prestasi lain juga diraih Kota Balikpapan dengan Pakarti Madya I sebagai Pelaksana Terbaik Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test dan Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang yang meraih Pakarti Madya I sebagai Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan Cinta Kasih.

Penyerahan penghargaan dihadiri Ketua TP PKK Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan dan Ketua TP PKK Balikpapan Hj Arita Rizal Efendi. Hadir pula Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Kampung Tukuq Buat Kaltim Bangga
Kampung Tukuq Buat Kaltim Bangga

25 Juli 2019 Jam 08:22:29
PKK

Norbaiti Kunjungi TP PKK Kampung Rejo Basuki
Norbaiti Kunjungi TP PKK Kampung Rejo Basuki

07 November 2019 Jam 23:19:24
PKK

Jalan Sehat Bersama Warga Kubar
Jalan Sehat Bersama Warga Kubar

16 Juli 2019 Jam 22:41:30
PKK

Norbaiti Kunjungi TP PKK Kampung Rejo Basuki
Norbaiti Kunjungi TP PKK Kampung Rejo Basuki

07 November 2019 Jam 23:19:24
PKK