Kanhan Kaltim Lakukan Koordinasi dengan SKPD Teknis

SAMARINDA - Kementerian Pertahanan RI telah menetapkan Brigjen TNI Rukman Ahmad sebagai Kepala Kantor Pertahanan (Kanhan) Kaltim yang bertugas dalam mengintegrasikan seluruh sumber daya yang ada di Kaltim untuk kepentingan pertahanan negara yang dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan.
Sebagai kantor yang baru dibentuk, Kantor Pertahanan Kaltim akan menjalankan fungsinya dalam menghimpun data, informasi, mengevaluasi serta menyiapkan bahan Menteri Pertahanan untuk pembangunan pertahanan di Kaltim yang terkait dengan strategi pertahanan, potensi, kekuatan dan sarana pertahanan.
"Saat ini, kita masih melakukan koordinasi dengan SKPD terkait di lingkungan provinsi Kaltim. Setelah ini, kita akan turun ke lapangan untuk melihat realitas yang menjadi prioritas Kementerian pertahanan yakni di wilayah perbatasan Kaltim," kata Kepala Kantor Pertahanan Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad usai melakukan kunjungan ke Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim, Kamis (28/4).
Rukman menyampaikan bahwa Kementerian Pertahanan saat ini memiliki program untuk wilayah perbatasan yang merupakan serambi terdepan NKRI yang sudah semestinya dibangun secara bersama-sama.
"Salah satunya kita telah menyosialisasikan kegiatan bela negara di perbatasan dalam hal meningkatkan jiwa nasionalisme. Selain itu, juga ada program lainnya yakni pembangunan jalur inspeksi patroli perbatasan serta program lainnya. Kami berharap, apa yang menjadi program dari pemerintah daerah melalui SKPD teknis bisa disinkronkan dengan program dari Kementerian Pertahanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keamanan di Kaltim." katanya. (rus/sul/humasprov

Berita Terkait