Kasad: Perhatian Pemprov Kaltim Sangat Besar

Peresmian Bangfas Kodam Mulawarman

            BALIKPAPAN – Dalam peresmian Pembangunan Fasilitas (Bangfas) Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman di Balikpapan, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman mengakui dukungan dan perhatian pemerintah daerah terhadap jajaran TNI di daerah.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan perhatian Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama jajaran yang telah memberikan hibah satu unit helikopter bagi TNI,” kata Kasad di Balikpapan, Rabu (22/1).

Menurut dia, dukungan  dan perhatian pemerintah daerah sangat berarti dan bermanfaat guna mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan jajaran TNI khususnya Angkatan Darat dalam menjaga keamanan dan kedamaian serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, keberanian Gubernur Awang Faroek dalam menswakelolakan perpanjangan lapangan terbang di tiga daerah perbatasan antara Pemprov Kaltim dengan TNI AD merupakan keberanian yang sangat luar biasa.

Bahkan, keberanian ini akhirnya mampu memotivasi dan menginspirasi pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada TNI untuk melakukan pembangunan fasilitas masyarakat di kawasan pedalaman dan perbatasan di beberapa daerah diantaranya Papua dan Papua Barat.

Sehingga sinergitas antara pemerintah daerah dengan jajaran TNI sangat perlu ditingkatkan bahkan dikembangkan untuk berbagai kegiatan pembangunan lainnya, terutama yang berkaitan dengan pengembangan kawasan pertahanan nasional.

Misalnya pembangunan jalur perbatasan di Kaltim sepanjang 1.038 kilometer yang akan dibuatkan jalan lintas batas. Fasilitas ini nantinya selain akan memberikan kemudahan jalur transportasi bagi masyarakat juga sebagai jalur patroli keamanan dan pertahanan negara.

Termasuk pembangunan tower telekomunikasi yang diswakelolakan dengan Zeni di TNI Angkatan Darat. Tentunya akan mempu mendukung ketersediaan kemudahan komunikasi bagi masyarakat dan aparat keamanan di kawasan perbatasan dan pedalaman   “Kami sangat mengapresiasi kepedulian gubernur  bersama bupati dan walikota yang telah memberikan dukungan penuh terhadap jajaran TNI. Misalnya, pembangunan fasilitas Kodan VI Mulawarman ini untuk pengembangan perumahan maupun fasiltas TNI lainnya di daerah,” ungkap Budiman.

Sementara itu Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengemukakan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan dukungan yang besar bagi berbagai kegiatan TNI di Kaltim baik berupa kegiatan peningkatan kemampuan anggota maupun kesejahteraan keluarga.

“Program provinsi dengan kabupaten dan kota serta swasta melalui dana CSR akan kita kolaborasikan untuk mendukung kegiatan dan kesejahteraan TNI di daerah,” ujar Awang Faroek Ishak.

Beberapa fasilitas Kodam VI Mulawarman yang diresmikan Kasad Jenderal TNI Budiman adalah rumah susun dan rumah dinas bagi anggota TNI Kodam VI Mulawarman, Rumah Dinas Yon Kav Tank dan Yon Armed 18 Buritkang Labanan Berau.

Rumah  Dinas Yonif 614  Raja Pandita Malinau dan TK/TPS Sudirman Kodam VI Mulawarman serta Kolam Renang Mulawarman Balikpapan, rehab rumah tidak layak huni tahap I dan Tahap II Kodam VI Mulawarman.

Penandatangan pembangunan empat menara telekomunikasi beserta sarana pendukung masing-masing untuk Desa Agung Baru Kecamatan Sungai Boh dan Desa Long Nawang Kecamatan Kayan Ulu Kabupaten Malinau serta Desa Long Apari Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu dan Desa Long Layu Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan.

Tampak hadir dalam peresmian pembangunan fasilitas Kodam VI Mulawarman yakni Ketua DPRD Kaltim H Syahrun dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Waimal Usman serta Kapolda Kaltim Brigjen Pol Dicky D Atotoy, Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. (yans/hmsprov).

////FOTO :  Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman  menandatangani sejumlah prasasti disaksikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Waimal Usman.(fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation