Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Masih Pluktuatif, Kasus sembuh Tambah Banyak

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad  Ishak mengingatkan

tren kasus positif baru Covid-19 di Provinsi Kaltim masih  berpluktuatif namun kasus sembuh terus meningkat bahkan melebihi angka yang terkonfirmasi positif yaitu 9 kasus sementara penambahan yang positif hanya 4 kasus.

"Ini  menandakan bahwa penularan Covid-19  di Kaltim masih  terus berlangsung, walaupun  peningkatannya berpluktuatif kadang meningkat dan kadang turun. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan selalu melaksanakan  protokol kesehatan, sebagai upaya pengurangan  penularan Covid-19 di wilayah Kaltim," pesannya saat memberikan keterangan pers kepada media melalui video conference, Jumat (29/05).

Andi Muhammad Ishak yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. meminta agar tetap menjalankan prinsip-prinsip protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, terutama pascah lebaran yang biasanya menjadi momentum masyarakat untuk bersilaturahmi ke rumah keluarga maupun tetangga. 

"Masyarakat jangan berasumsi kalau kondisi saat ini sudah aman. Kita masih dalam situasi tanggap darurat Covid-19. Belum ada pelonggaran atas pembatasan dan anjuran dari pemerintah untuk tetap berada di rumah, menghindari kerumunan, menerapkan physical distancing dan selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir baik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas, " tandasnya.

Dia juga mengharapkan  kepada masyarakat tanpa terkecuali agar peduli kepada diri sendiri dan orang lain. Terutama di tengah pandemi Covid-19 ini, agar tidak terjadi peningkatan kasus.

"Kita tentunya  sudah  mengalami perubahan dalam menjalani kehidupan  seiring dengan berjalannya waktu dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selama dua bulan lebih kita sudah terbiasa menjalankan protokol kesehatan yang bisa menjadi kebiasaan dan budaya, yang akan sangat membantu dan menjaga kondisi Kaltim menjadi semakin baik ke depannya," harap Andi M Ishak. 

Selain itu, Andi Ishak juga meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan semangat kepada pasien Covid-19 termasuk kepada keluarga pasien, karena dukungan moril tersebut dapat membantu pasien dalam proses penyembuhan. Hanya dengan tekad bersama dan bergotong royong wabah virus Corona (Covid-19) bisa segera berakhir. 

"Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar segera sembuh. Masyarakat teruslah berikan dukungan dengan tetap dirumah.  Tetap gunakan masker jika beraktifitas di luar rumah. Terapkan pola hidup bersih dan sehat untuk memutus penyebaran virus ini," pesannya. 

Selama menghadapi pandemi virus Corona saat ini,  lanjut Andi Ishak, salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh adalah tidak stres, tetap tenang (tidak panik) dan selalu senang (gembira).

"Hindari stres, tetap tenang dan senang. Jangan sampai pemberitaan tentang virus ini, juga konten berita di media sosial membuat kita panik dan stress, tetapi tetaplah berpikir yang positif sehingga kita bisa terhindar dari virus Corona," jelasnya. Mengenai perkembangan kasus Covid-19 Jumat 29 Mei  di Kaltim saat ini, terkonfirmasi  positif ada penambahan 4 kasus (semuanya dari  Balikpapan) sehingga total  yang  positif  sebanyak 285 kasus. yang  sembuh ada penambahan 9 kasus yaitu dari Kutim 7 kasus, PPU 1 kasus dan Samarinda 1 kasus sehingga total yang sembuh 143 kasus. Meninggal  dunia tetap 3 orang.(mar/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation