Kawasan Industri Kariangau Jadi Incaran

* Hari ini Gubernur Hadiri Groundbreaking Packing Plant

 

SAMARINDA - Pagi ini (Sabtu 16/3) Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroerk Ishak direncanakan akan menghadiri acara  groundbreaking tiang pancang packing plant semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk membangun pabrik pengantongan semen bekerjsama dengan Pemprov Kaltim dalam bentuik sewa menyewa tanah di kawasan KIK yang berlaku hingga 5 tahun sejak ditandatangani atau berakhir pada 8 Januari 2018 dengan nilai Rp1,38 miliar dengan konsekuensi peningkatan lima persen per tahun dari Rp260 juta pada tahun pertama.

Kawasan Industri Kariangau memiliki lokasi strategis yang didukung Bandara Internasional Sepinggan dan Pelabuhan Semayang Balikpapan, sehingga menjadikan kawasan ini menjadi "incaran" para investor. Keberadaan bandara dan pelabuhan bertaraf internasional dan terletak pada jalur ALKI II menjadikan Balikpapan sebagai pintu gerbang utama Kaltim dan berperan dalam perdagangan  Kawasan Indonesia Timur,  bahkan wilayah Pasifik.

Kawasan KIK mempunyai luas 2.721 hektare dengan komposisi kepemilikan lahan  Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota Balikpapan dan swasta dengan nilai investasi Rp.757,76 miliar. Lokasi Industri KIK dibagi menjadi kawasan utara antara lain untuk jenis manufaktur lokal base, dan industri campuran. Di sebelah selatan merupakan industri kimia dan logam, industri teknologi modern dan industri berbasis ekspor. Sedangkan industri lainnya tetap berada di sepanjang pesisir sebelah barat antara lain industri pengalengan nanas, ikan, udang, kakao dan produk coklat lainya serta  batu bara, metanol.

Pemerintah Provinsi Kaltim memiliki lahan seluas 341 hektare yang dikerjasamakan seluas 72,5 hektare dengan PT Kaltim Kariangau Terminal seluas 58,2 ha, PT PLN (Persero) untuk pembangunan PLTU Kariangau 2X110 Megawatt dan seluas 2 ha dengan PT. Semen Gresik.

Pembangunan infrastruktur penunjang seperti jalan akses KIK Kariangau menuju km.13 Balikpapan sepanjang 13,5 km dengan dana bersumber APBD provinsi Rp104,59 miliar sudah rampung. Pembangunan Waduk Sungai Wain untuk mensuplai kebutuhan air di kawasan tersebut dan Kota Balikpapan dengan anggaran Rp290 miliar, serta jembatan akses KIK-Penajam masih dalam dalam progress. (ky/hmsprov)

Berita Terkait
 Hari Ini Dilaporkan ke Gubernur
Hari Ini Dilaporkan ke Gubernur

29 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

ASPIRASI OTSUS
ASPIRASI OTSUS

02 Maret 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan