KBP Bukti Pramuka Kaltim Masih Eksis

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan,  dengan digelarnya  Kemah Bakti Pramuka I (KBP),  membuktikan bahwa Gerakan Pramuka di Kaltim hingga saat ini  masih eksis dengan berbagai kepanduan.
"Kegiatan ini perlu terus diagendakan setiap tahun dengan kualitas penyelenggaraan yang lebih baik lagi dari yang dicapai tahun ini," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) H Sigit Muryono saat mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak membuka Kemah Bakti Pramuka I (KBP) 2013 Gerakan Pramuka Gugus Depan Samarinda 09.013 – 09.014 Racana Sultan Sulaiman-Aminah Syukur STAIN Samarinda di Kampus STAIN II Samarinda Seberang, Kamis (20/6).
Dijelaskan, bermacam kegiatan kepramukaan sangat penting dilaksanakan untuk pembinaan generasi muda. Hal ini mengingat sejak beberapa tahun terakhir ini terjadi  gejala semakin lunturnya semangat dan rasa kebangsaan di kalangan kaum muda yang dapat dilihat antara lain dari rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa.
"Untuk mengatasi masalah menipisnya semangat bela negara yang amat merisukan ini, tentunya KBP menjadi sangat penting sebagai wadah pembentukan karakter bagi kaum muda," ujarnya.
Sehubungan dengan itu, kini tengah dilakukan revitalisasi gerakan pramuka, yang tujuan pokoknya  mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak  gerakan pramuka.   
"Saya mengajak gerakan pramuka gugus depan STAIN Samarinda dan para anggota gerakan pramuka lainnya untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan gerakan pramuka di Kaltim," tegasnya.
Pada kesempatan itu gubernur meminta agar KBP I  yang diikuti 230 anggota Pramuka ini, digelar berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para peserta dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta menambah wawasan yang lebih luas lagi di bidang kepramukaan  dalam rangka meningkatkan sumber  daya manusia (SDM) bagi tunas-tunas muda generasi muda bangsa. (sar/hmsprov).

//Foto: Kadispora Kaltim Dr H Sigit Muryono mengalungkan tanda peserta Kemah Bakti Pramuka. (sarjono/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait