Kebersihan Faktor Penting Keberhasilan Pariwisata

Tim Penilai Lomba Pokdarwis Kaltim dipimpin Anthoni Rakhman didampingi Ketua dan Anggota Pokdarwis Sumping Nusa meninjau fasilitas pengelolaan sampah di Kampung Pulau Derawan. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Kebersihan Faktor Penting Keberhasilan Pariwisata

 

DERAWAN - Masyarakat harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap potensi wisata dan tujuan wisatawan datang berkunjung ke objek wisata di suatu daerah. Khususnya  kelompok sadar wisata (pokdarwis) merupakan ujung tombak dalam mendukung pengembangan kepariwisataan di daerah.

 

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa Wisata Dinas Pariwisata Kaltim Anthoni Rakhman yang juga Ketua Tim Penilai Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim di Kantor Kepala Kampung Pulau Derawan Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau, Rabu (6/9).

 

Menurut dia, secara global penerapan Sapta Pesona oleh Pokdarwis Sumping Nusa Kampung Pulau Derawan sudah berjalan dengan baik. Diantaranya,  kebersihan yang dikelola pokdarwis bersama masyarakat dan komunitas anak pantai. "Pokdarwis bersama masyarakat dan komunitas anak pantai menggalakkan kegiatan kebersihan lingkungan didukung dengan incinerator, alat pembakar sampah," katanya.

 

Anthoni mengakui permasalahan paling menonjol dalam pengelolaan kawasan wisata adalah keberadaan sampah. Sebab lanjutnya, selain membuat kotor dan terkesan kumuh,  wisatawan menjadi kurang nyaman dengan kondisi lingkungan dan mengancam kesehatan mereka.

 

Karenanya, tim sangat mengapresiasi kinerja Pokdarwis Sumping Nusa Derawan yang sangat peduli kebersihan dengan pengelolaan sampah yang baik di kawasan wisata andalan tersebut. "Kita sangat apresiasi pemerintah kabupaten dan masyarakat khususnya Pokdarwis Sumping Nusa dalam pengelolaan lingkungan utamanya kebersihan agar tidak ada lagi sampah berserakan di darat maupun kawasan pantai," ungkap Anton.

 

Dia mengharapkan keramahan anggota pokdarwis mampu menggugah masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Derawan untuk bersama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Sementara itu Ketua Pokdarwis Sumping Nusa Derawan Agus Tiansyah mengemukakan kebersihan menjadi prioritas kelompoknya bersama masyarakat dalam upaya implementasi Sapta Pesona.

 

"Wisata andalan kita di sini adalah wisata bahari atau mengandalkan keindahan alam bawah laut dan pantai, sehingga kebersihan menjadi utama agar tidak ada sampah berserakan di pantai terlebih di bawah laut," ujar Agus Tiansyah. Hadir Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Kabupaten Berau Bihamdi dan jajaran aparat Kampung Pulau Derawan. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait