Kecerdasan Emosional dan Spiritual Lebih Utama

Untag Wisuda 666 Sarjana Baru

SAMARINDA – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Samarinda melangsungkan Wisuda Sarjana Strata Satu (S-1) periode tahun 2015 pada Sabtu (31/10) di Auditorium HM Ardans. Sebanyak 666 Sarjana S-1 dari enam fakultas mengikuti prosesi wisuda yang berlangsung bersamaan dengan Dies Natalis Untag yang ke-52.

“Alumni Untag selama ini sudah terbukti memiliki SDM yang baik dan cukup membanggakan. Dibuktikan dengan terserapnya sarjana Untag di pasar kerja di Kaltim maupun luar Kaltim,” sebut Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Sigit Muryono.

Gubernur menambahkan, seiring dengan persaingan yang semakin ketat, para sarjana diharapkan untuk tidak hanya memiliki kemampuan dan kecerdasan intelektual. Kecerdasan emosional dan spiritual juga harus dimiliki oleh para sarjana. Bahkan, dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari, kecerdasan emosional dan spiritual lebih diutamakan daripada kecerdasan intelektual.

“Sarjana yang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual akan menjadi individu yang memiliki moral yang baik, beriman, serta mampu membangun potensi diri untuk dipersembahkan bagi pembangunan. Figur seperti inilah yang sangat diperlukan di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tegas Awang.

Para sarjana diharapkan menjadi sosok yang berkualitas karena hal ini berkaitan langsung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan dapat mendukung rencana gubernur dalam mengembangkan lokomotif ekonomi baru  berbasis sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui (renewable resources). 

“Dalam pengembangan ekonomi baru ini dibutuhkan SDM yang unggul, berkualitas, memiliki daya saing yang mampu diaplikasikan untuk pembangunan serta untuk kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara yang lebih baik,” papar Gubernur. 

Jika SDM yang mengelola dan menjalankan rencana pengembangan ekonomi baru ini adalah SDM yang berkulitas dan memiliki kercerdasan emosional dan spiritual tinggi, maka kemungkinan rencana tersebut berjalan dengan sukses akan lebih besar. 

Selain itu, selaku Dewan Pembina Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Samarinda, Awang Faroek Ishak juga menekankan pentingnya seluruh jajaran Untag untuk terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas.

“Pengembangan kegiatan perkuliahan juga harus selalu dilakukan, agar tercipta perkuliahan yang lebih baik dan lebih maju dari yang telah dicapai selama ini,” ujarnya mengakhiri. (aka/sul/hmsprov)

//Foto: Sigit Muryono foto bersama jajaran civitas akademika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Samarinda. (atika/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation