Kehumasan Korpri Miliki Peran Strategis

SAMARINDA – Kegiatan kehumasan Sekretariat Korpri (Korp Pegawai Republik Indonesia) hendaknya mampu meningkatkan kinerjanya, sehingga perlu menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam menata, membina serta meningkatkan pelayanan prima kepada publik (masyarakat).
“Kehumasan Korpri baik provinsi maupun kabupaten/kota memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam pengelolaan dan pelayanan informasi dan komunikasi kepada publik,” ujar Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kaltim H Syarifuddin dalam Rapat Koordinasi Peran Kehumasan Korpri se-Kaltim 2013 di Aula Korpri Kaltim, Selasa (19/3).
Menurut Syarifuddin, pengembangan informasi, komunikasi dan dokumentasi yang dikelola hendaknya dapat diinformasikan ke publik dengan cepat, sederhana, dan efisien. Namun demikian tetap berlandaskan pada kebijakan yang dipertanggungjawab.
Karenanya, upaya kesekreatriatan dalam memotivasi para pengelola data dan informasi sangat penting, teruatam melalui pelatihan maupun pendidikan yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menunjang kegiatannya, selain secara aktif membina hubungan dengan mitra kerja humas seperti dewan pers maupun media masa.
“Kehumasan Korpri harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan sinergi program. Karena, kegiatan kehumasan tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan  mitra kerja terkait,” tegas Syarifuddin.
Sementera itu Kasi Pengolahan Informasi Dinas Kominfo Kaltim Sri Rejeki mengemukakan agar pengelola kehumasan Korpri baik provinsi maupun kabupaten/kota  dapat menyampaikan ataupun menyajikan informasi yang valid dan mudah tanpa diminta.
“Saat ini kita sedang berupaya merubah paradigma mindset masyarakat, terutama dalam membentuk atau mengembangkan masyarakat informasi. Karenanya, informasi tersebut sudah diolah dengan baik sehingga mudah dipahami,” ujar Sri Rejeki.
Ditambahkan, peran kehumasan Korpri penting untuk mengeskpos informasi melalui media massa agar tercipta citra positif kepada masyarakat. Data maupun informasi yang disajikan hendaknya mampu berimplikasi pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.
Rakor Peran Kehumasan Korpri diikuti 100 peserta dari Dewan Pengurus Korpri Kaltim serta kabupaten dan kota. Menghadirkan nara sumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim.(yans/hmsprov)
 

Berita Terkait