Kejurnas Menembak Diharap Lahirkan Juara Handal

//Foto : Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak membidik sasaran tembak pada Kejurnas menembak. (syaiful/humasprov kaltim).

 

BALIKPAPAN – Gubernur Kaltim membuka Kejuaraan Nasional Menembak Awang Faroek  Cup V Tahun 2017 di Lapangan Tembak Manggar Balikpapan, Sabtu (5/8). Dalam sambutannya Gubernur mengharapkan, kejurnas dapat melahirkan bibit-bibit baru para olahragawan yang handal dan berprestasi, sehingga mampu unjuk kekuatan dan berkompetisi di pentas laga Dunia, mengharumkan Tanah Air. ”Perlu saya informasikan, Kejuaraan Nasional Awang Faroek Cup adalah satu-satunya kejuaraan yang masuk dalam kalendar tetap PB Perbakin selain pulau Jawa,” ungkapnya.

 

Ia juga menyampaikan  Awang Faroek Cup digelar pertama kali tahun 2011. Namun demikian sejak PON Jawa Barat 2016, mengalami kekosongan turnamen Kejurnas, maka Awang Faroek Cup V 2017 ini sebagai pembuka, dan hingga tahun 2017 ini, Awang Faroek Cup sudah dilaksanakan sebanyak 5 kali Kejurnas. Kali ini diikuti oleh peserta se-Indonesia, dari Aceh hingga Papua, dengan data sementara berjumlah lebih kurang 350 atlet.

 

”Awang Faroek Cup V 2017 sebagai kualifikasi PON Remaja II 2018, dimana Kaltim akan menjadi tuan rumah PON Remaja II pada tahun  2018.  Pada saat PON Remaja Kaltim 2018 nanti akan lebih banyak mempertandingkan cabang olahraga dibandingkan PON Remaja I di Jawa Timur, dan khususnya Cabang Olahraga Menembak akan lebih banyak kelas tandingnya,” terangnya.

 

Lanjutnya Awang Faroek Cup V 2017 ini juga akan diakui sebagai perhitungan nilai menuju PON Papua pada tahun  2020. Selain itu,  Pengprov Perbakin Kaltim juga mengirimkan atletnya ke Pelatnas untuk menghadapi SEA Games. ”Terhadap peningkatan prestasi disetiap kejuaraan Menembak, Pemerintahan Propinsi Kaltim selalu memberikan dukungan, perhatian dan kepedulian terhadap perkembangan dan prestasi bidang Tembak Sasaran, meskipun kondisi keuangan skala nasional yang belum baik. Untuk itu jika terdapat berbagai kekurangan dan hal-hal yang tidak berkenan, kami mohonkan maaf, dan tetap berkomitmen dapat melaksanakan kegiatan Kejuaraan Nasional ini dengan sukses,” jelasnya.

 

Gubernur mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh Atlet, ”Raih prestasi gemilang dengan tetap mengedepankan sportifitas,” pesannya. Ketua Panitia Penyelenggara Pelaksanaan Kejurnas Awang Faroek Cup V 2017 Ir Joko Setiono MT dalam laporannya menyampaiakan bahwa Kejurnas Awang Faroek Cup V ini merupakan kelanjutan  dari Kejurnas Awang Faroek Cup I yang dilaksanakan pada tahun 2011, dilanjutkan Awang Faroek Cup ke 2 ditahun 2013, dan ke tiga ditahun 2014 dan yang ke empat ditahun 2015.

 

“Ditahun 2016 kita tidak laksanakan mengingat adanya kegiatan PON di Jawa Barat dan Alhamdulillah Awang Cup ke 5 kita laksanakan di tahun 2017 inipun atas dukungan dan spirit dari Bapak Gubernur Kaltim,” ungkapnya. Lanjutnya Ini merupakan kegiatan rutin dan tetap dari Perbakin, “dari Perbakin ini sudah menjadikan kalender tetap, yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara PT Perbakin dan para atlet tentunya , sekaligus untuk mencari bibit-bibit atlet yang berprestasi , dan tentunya  juga untuk memacu para atlet agar bisa berkompetisi , mempunyai mental bertanding ditingkat Internasional .Dan kejurnas ini sebagai ajang seleksi untuk memasuki PON ke 20 tahun 2020 di Papua,” jelasnya.

 

Ia juga mengatakan Kegiatan ini sudah terselenggara sejak tanggal 4 Agustus 2017 sampai tanggal 11 Agustus 2017 di Lapangan Tembak Manggar Balikpapan, adapun yang dipertandingkan khusus hanya untuk kegiatan target dan sasaran ada 15 kategori. “Sampai dengan hari ini para atlet telah mendaftar yang berencana mengikuti Kejurnas menembak Awang Faroek Cup ke V ini adalah sebanyak 380 atlet dari 34 Pengdam, semua provinsi mengikut sertakan para atletnya untuk mengikuti Awang faroek Cup ke 5 ini,” lapornya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPR Kaltim H. Syahrun, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua bidang organisasi mewakili ketua umum pengurus besar Persatuan Penembak Indonesia Pusat Frans Pesch, Pangdam VI Mulawarman, Ketua DPR D H Syahrun, Mewakili Kapolda Irjen Polisi Noval Yahya, Ketua Pengurus Besar Persatuan Penembak Indonesia Kaltim Irjen Pol Purnawirawan Handoyono, Dirut Bankaltim Zainuddin Fanani, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kaltim Ir H Zuhdi Yahya.(ayu/humasprov)

Berita Terkait