Kejurnas Silat Diharap Lahirkan Atlet Nasional

SAMARINDA–Peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antar Pusat Pembinaan dan Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP) diharapkan dapat melahirkan para pesilat andal nasional. 

 Harapan ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H Sigit Muryono saat mewakili Gubernur Kaltim membuka Kejurnas Silat antar PPLP se Indonesia di Gedung Bulutangkis, Stadion Madya Sempaja, Kamis (7/11).

 “Kejayaan olahraga khususnya pencak silat terletak pada para pelajar yang saat ini berlatih di pusat-pusat pelatihan pelajar dan sekolah khusus olahraga. Yakinlah menjadi atlet akan  memiliki masa depan yang sama cerahnya dengan profesi lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan Sigit, Kejurnas Silat antar PPLP ini diikuti oleh lima PPLPD, dua  SKOI, yakni dari Kaltim dan DKI Jakarta serta 24 PPLP se-Indonesia dengan jumlah atlet sebanyak 260 orang terdiri dari 149 putra dan 111 atlet putri. 

Lanjutnya, Kejurnas yang difasilitasi Kementerian Pemuda dan Olahraga ini berlangsung meriah karena antusiasme  para atlet PPLP yang datang dari  berbagai provinsi. Sigit meminta dukungan seluruh masyarakat Kaltim, terutama orang tua atlet  agar Kaltim dapat menjadi juara umum sesuai target yang diharapkan.

 “Peserta Kejurnas melebihi kuota yang disediakan yaitu sebanyak 200 atlet.  Kita berharap para pelajar ini dapat menambah jam tanding,  pengalaman dan terus menjaga kekompakan antar atlet silat  dari seluruh Indonesia,” ujarnya. 

Sementara itu, Asisten Deputi Layanan Khusus Kemenpora, Dr Fatimah mengatakan bahwa olahraga pencak silat telah menjadi olahraga yang mendunia. Pencak silat tidak saja menjadi olahraga asli milik Indonesia tetapi juga telah dimainkan di Asia Tenggara hingga Eropa. 

Pencak silat yang menjadi akar budaya Indonesia telah dimainkan di Sea Games, International School Games hingga Islamic Solidarity Games yang dilaksanakan bulan lalu di Sumatera Selatan.

 “Kejurnas ini menjadi barometer seberapa berhasil pembinaan atlet pencak silat di tingkat pelajar. Kita berharap suatu hari para pelajar ini dapat berprestasi di tingkat yang lebih tinggi,” ujar Fatimah. (yul/adv)

//Foto: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, H Sigit Muryono saat membuka Kejurnas Silat. (yuliawan/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation