Keluarga Kehutanan Kaltim Tanam 800 Pohon

SAMARINDA – Kalangan rimbawan di Kaltim melakukan penanaman pohon memperingati Hari Bhakti Rimbawan 2013 dengan menanam 800 batang pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, H. Chairil Anwar menjelaskan penanaman pohon dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan 2013, dipusatkan di Kkilometer 77 jalan poros Balikpapan-Samarinda, Selasa (23/4).
“Setiap tahun kita peringati Hari Bhakti Rimbawan ini dengan penanaman pohon di berbagai tempat. Kegiatan ini untuk mendukung Program Kaltim Green dengan gerakan One Man Five Tress dengan tujuan pelestarian lingkungan,” ujarnya.
Jika pada tahun ini penanaman dipusatkan di Tahura Bukit Soeharto dengan menanam 800 pohon, tahun 2012 telah dilakukan penanaman di Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS)  dan tahun 2011 lalu di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara.
Dijelaskan, dari 800 batang pohon yang ditanam memperingati Hari Bhakti Rimbawan tahun ini, hanya 200 batang yang ditanam di lokasi penghijauan sepanjang 1 kilometer. Sedangkan sisanya 600 batang pohon ditanam oleh kabupaten/kota yang melakukan peringatan masing-masing.
Selain melakukan penanaman, para rimbawan  juga melakukan pemeliharaan terhadap pohon-pohon yang telah ditanam di KRUS dan Tenggarong beberapa tahun lalu.
“Masyarakat rimbawan di Kaltim sangat berkomitmen terhadap kelangsungan dan kelestarian hutan di Kaltim. Tidak saja melalui penamanam, tetapi melalui berbagai kegiatan, program penelitian dan lain-lain,” ujarnya.
Dalam kegiatan yang dilakukan rutin 16 Maret setiap tahun,  diikuti semua jajaran rimbawan di Kaltim diantaranya Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Balai Pemantapan Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Mahakam-Berau, UPT Kementerian Kehutanan dan Balai Besar Penelitian Dipterocarpa serta pejalar dan mahasiswa .(yul/hmsprov).

////Foto : H. Chairil Anwar
 

Berita Terkait