Kembangkan Agroindustri dan Bangun Infrastruktur Berkualitas

Target Pembangunan Kaltim Lima Tahun Kedepan

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan peringatan HUT ke -57 Kaltim,  merupakan momentum tepat  untuk koreksi dan introspeksi, mengevaluasi apa yang telah dilakukan, menimbang prestasi apa yang telah dicapai saat ini dan menentukan langkah terbaik apa yang harus dilakukan untuk mencapai target pembangunan lima tahun ke depan (2014–2018) sebagai bagian tahap pembangunan menuju Kaltim Maju 2018.
“Tantangan yang kita hadapi dalam upaya besar kita menjadikan Kaltim Maju tidaklah ringan. Selain berasal dari dalam, tantangan dan hambatan akan lebih besar berasal dari luar, mengingat lima tahun ke depan kita akan memasuki Asean Economic Community 2015 sebagai integrasi ekonomi negara-negara ASEAN,” ungkap Awang Faroek belum lama ini.
Menurut dia, pada 2015 kawasan ASEAN akan menjadi pasar terbuka yang berbasis produksi, dimana aliran barang, jasa dan investasi akan bergerak bebas. Dengan demikian tingkat keunggulan komparatif dan kompetitif yang berbeda antara negara ASEAN akan berpengaruh dalam menentukan manfaat Asean Economic Community 2015 tersebut.  
Dalam konteks ini, lanjut dia, Kaltim harus terlebih dahulu mengambil kesempatan dan berperan aktif, serta mempersiapkan diri menghadapi integrasi perekonomian dengan meningkatkan potensi pasar domestik dengan mendorong daya saing dan nilai tambah sumber daya alam (SDA) Kaltim di tingkat nasional dan international.
“Kesiapan pengembangan industri berbasis agroindustri sebagai unggulan Kaltim yang didukung oleh infrastruktur berkualitas menjadi target utama pembangunan lima tahun ke depan. Keberhasilan kita menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah faktor kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan di level regional, nasional dan dunia,” jelasnya.
Awang Faroek meminta agar seluruh jajaran Pemprov bersama unsur terkait di lembaga legislatif, yudikatif dan seluruh masyarakat Kaltim untuk dapat bekerjasama dan kompak sehingga Kaltim mampu menghadapi dan mengatasi segala ujian dan tantangannya tersebut, serta mampu mewujudkan tahap demi tahap pembangunan seperti yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik selama ini.
“Kerja keras kita selama lima tahun ini (2008-2013) telah membuahkan hasil yang baik, meskipun kita akui masih ada kekurangan yang harus segera kita benahi dalam lima tahun kedepan. Visi Kaltim Maju 2018 harus diwujudkan dengan kerja keras dan kebersamaan antara pemerintah, swasta dan masyarakat. Kita harus bahu-membahu mewujudkannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pintanya. (her/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa. Program beasiswa merupakan salah satu program unggulan untuk menciptakan SDM berkualitas di daerah ini.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation