Kembangkan Kompetensi Pejabat Eselon

Pemprov Siap Tingkatkan Kerjasama dengan Dispsiad

BANDUNG–Pemprov Kaltim melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terus berupaya mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah. Salah satu cara yang ditempuh yakni melakukan kerjasama dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad), terkait pengembangan kompetensi pegawai melalui metode assessment, khususnya bagi pejabat eselon II dan III di lingkup Pemprov Kaltim.

Demikian diungkapkan Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Dr Meiliana didampingi Kepala BKD Kaltim HM Yadi Robyan Noor, saat melakukan pertemuan dengan jajaran Dinas Psikologi Angkatan Darat yang dipimpin Sekretaris Dispsiad Kolonel Inf Ashari Joni, di ruang diskusi Gedung Soemantri HP Dispsiad, Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/12).

“Kerjasama ini sangat strategis dan penting dalam upaya kita untuk mengembangkan potensi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemprov Kaltim. Apalagi Pak Gubernur telah berkomitmen untuk terus mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kualitas SDM aparatur guna mendukung percepatan reformasi birokrasi di wilayah Kaltim,” kata Meiliana.

Meiliana menilai kerjasama dengan Dispsiad ini sangat tepat dan perlu ditingkatkan. Terutama untuk mendukung upaya Pemprov Kaltim dalam memenuhi standar kompetensi bagi pejabat eselon di lingkungan Pemprov Kaltim. Terlebih, Dispsiad memiliki tenaga assessor maupun fasilitas yang sangat memadai. Diantaranya peralatan Computer Assisted Test (CAT) V yang hasilnya sangat transparan dan terukur.

“Kerjasama ini tidak main-main, karena Kaltim memang sangat konsisten dengan komitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM aparatur. Melalui BKD yang telah membangun kerjasama yang baik dengan Dispsiad, saya harapkan kerjasama ini terus ditingkatkan. Saya ingin ada inovasi-inovasi baru, dan kedepan bukan hanya ada transfer knowledge (pengetahuan) melainkan juga peralatan tes yang modern yang dimiliki Dispsiad,” harapnya.

Kepala BKD Kaltim HM Yadi Robyan Noor menambahkan, saat ini Kaltim sudah memiliki Gedung Assessment Centre dengan bangunan tiga lantai, yang masing-masing lantai digunakan untuk tes dilengkapi peralatan CAT (lantai 1), 16 ruang menginap (lantai 2) dan ruang diskusi/pertemuan (lantai 3).

Untuk itu, dengan kerjasama yang telah terbangun baik saat ini diharapkan Dispsiad dapat membantu Kaltim dengan memfasilitasi terbentuknya UPT (unit pelaksana teknis) Assessment Centre, baik melalui tenaga asessor maupun peningkatan peralatan CAT.

Sementara itu, Sekretaris Dispsiad Kolonel Inf Ashari Joni mengatakan perkembangan Pemprov Kaltim dalam penataan dan pengelolaan PNS yang dilakukan oleh BKD sangat pesat. Oleh karena itu, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya yang dilakukan Pemprov Kaltim.

“Jika memang sudah ada gedung, maka kita tinggal merancang simulasi yang cocok dan sesuai dengan karakter jabatan-jabatan yang ada di setiap SKPD. Kami siap memfasilitasinya,” kata Ashari.

Hadir pada kesempatan itu, dari jajaran Dispsiad, diantaranya Kasubdisbinfungpsi Kolonel Inf Jonnie Koentara, Kasubdisbinmatpsi Kolonel Caj Gunawan, Kalasiappsi Kolobel Caj (K) Wardani N, Kalabangpsi Kolonel Cku Eri R Hidayat, Kalaharpsi Kolonel Caj Hamka. Sedangkan dari BKD Kaltim, turut mendampingi Kabid Pengembangan Zulfinandar dan Kasubid Peningkatan Kualitas Pegawai Kustiningsih. (her/sul/hmsprov)

 

////Foto : Asisten Administrasi Umum Dr Meiliana (empat dari kiri) dan Kepala BKD Kaltim HM Yadi Robyan Noor (empat dari kanan) bersama jajaran Dispsiad. (heru/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation