Kemendagri Berikan Apresiasi Kepada Gubernur

Sukses Laksanakan Pemilukada Serentak di Kaltim

SAMARINDA- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi kepada Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan jajaran atas  keberhasilan dalam penyelenggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak 9 Desember 2015 di seluruh wilayah  Kaltim yang terlaksana dengan sukses, lancar dan aman.

"Gubernur Kaltim  beserta jajarannya sangat konsern mengawal pemilukada serentak 2015,  baik  sebelum maupun pada  pelaksanaan pencoblosan 9 Desember.  Visi beliau sangat jelas  untuk menyukseskan pelaksanaan pemilukada berjalan  aman dan lancar," kata Dr Nurdin, pejabat Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri usai mengikuti video conference Gubernur Kaltim dengan jajaran Kemendagri, Rabu (10/12).

Perhatian besar Gubernur terhadap pelaksanaan Pemilukada sudah terlihat sejak persiapan, seperti melakukan rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu/Panwaslu untuk memastikan  penyelenggaraan pemilukada terlaksana dengan aman dan lancar.

"Kemudian malamnya melakukan kegiatan Gubernur Menyapa melalui TVRI dan RRI untuk  mengajak masyarakat menyukseskan pemilukada dengan ikut berpartisipasi memberikan hak suara atau tidak golput.    

"Saya kira apa yang dilakukan Gubernur, suatu hal yang luar biasa untuk menjalankan  peran  sebagai  pimpinan  pemerintah provinsi, sekaligus  melaksanakan fungsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Fungsi-fungsi tersebut sudah dilaksanakan dengan baik, khususnya dalam menyukseskan pemilukada serentak di Kaltim," jelas Nurdin. 

Dikatakan untuk pelaksanaan penyelenggaraan pemilukada serentak di seluruh Tanah Air, Kemendagri sengaja menugaskan para pejabatnya untuk melihat langsung pelaksanaan pemilukada baik level provinsi maupun kabupaten/kota.

"Untuk melihat langsung kesiapan penyelenggaraan pemilukada serentak khususnya di Kaltim, memang dari Kemendagri menugaskan jajarannya untuk melakukan pemantauan lapangan dan hasilnya sangat luar biasa Kaltim berhasil melaksanakannya dengan sukses aman dan lancar," sambung Nurdin. 

Diakuinya, dalam laporan Gubernur sebelumnya diperediksi  pemilukada serentak di Kaltim memiliki potensi adanya pelanggaran di beberapa kabupaten dan kota. Potensi pelanggaran ini terbagi dalam wilayah agak rawan maupun rawan sedang. Potensi pelanggaran untuk wilayah agak rawan yakni pemilih ganda dan kampanye hitam. Sedangkan untuk potensi pelanggaran untuk rawan sedang yakni pengerahan mobilisasi aparatur sipil negara

"Tetapi prediksi pelanggaran tersebut tidak terjadi, hal ini tentu berkat kesiapan dan kerja keras jajaran pemprov beserta lembaga terkait untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya,  sehingga pelaksanaan pemilukada di Kaltim berjalan sukses, aman dan lancar," tegas Nurdin. (mar/sul/es/hmsprov)

/////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dan Wakapolda Kaltim Brigjen (Pol) Endaryoko saat melakukan pemantauan pelaksanaan pemilukada serentak di Kaltim. (seno/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation