Kemenhub Cek Sistem PAPI Bandara APT Pranoto Samarinda

Foto : Ist

SAMARINDA- Guna memastikan kesiapan pemanfaatan sistem Precision Approach Path Indicator (PAPI) di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APTP) Samarinda. Tim dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemnhub RI) melakukan Kalibrasi menggunakan pesawat jenis King Air B. 200 GT untuk pengecekkan terhadap sistem PAPI yang diawaki Pilot In Comand (PIC) Captain Novendra MS, di Bandara APT Pranoto (APTP) Samarinda, Kamis (2/4/2020).

 

Pesawat jenis King Air B.200 GT khusus Kemenhub ini mempunyai kelengkapan yang sangat komplit beserta dengan sistem komputer. 

 

"Sistem PAPI ini salah satu alat navigasi untuk melakukan pendaratan pesawat," kata Novendra didampingi Kepala Bandara APTP Samarinda Dodi Dharma Cahyadi melalui rilis Pengelola Bandara APTP.

 

PAPI berfungsi memberikan bantuan visual kepada pilot dalam hal penyedian informasi panduan saat melakukan pendaratan di bandara. Termasuk ketika pendaratan malam hari. 

 

Sistem ini terdiri dari empat lampu dengan sudut yang berbeda seperti sudut terendah, sudut aman untuk mendarat serta sudut tertinggi. 

 

"Alat ini terletak disamping landasan pacu sekitar 300 meter di luar ambang pendaratan landasan pacu," jelasnya.

 

Sementara Kepala Bandara APTP Samarinda Dodi Dharma Cahyadi menyebutkan, alat tersebut sangat mendukung pendaratan pesawat ketika malam hari.

 

"Artinya kalibrasi ini berhubungan erat dalam sistem pendaratan dan lampu-lampu landasan yang telah terpasang," jelasnya.

 

Terpasangnya PAPI, maka bisa saja dilakukan pelayanan penerbangan malam. Tetapi, hal ini tergantung airlinenya ada yang mau terbang malam atau tidak. Ada flight schedule malam atau tidak. "Yang jelas mengenai lampu sudah menyala semua," ucap Dodi singkat.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait