Kemenko Perekonomian Puji Kinerja Gubernur Awang Faroek

Kaltim Berhasil Laksanakan Program MP3EI

JAKARTA - Dalam kurun waktu tiga bulan kedepan, dipastikan sekitar 29 proyek strategis Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang ada di Kaltim diresmikan dan diground breaking oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melakukan pertemuan dengan jajaran Kementerian Koodinator bidang Perekonomian di Jakarta, Rabu (4/6).

Gubernur Awang Faroek Ishak mengungkapkan peresmian dan ground breaking proyek strategis oleh Presiden SBY di Kaltim kali ini nilainya lebih besar dari kegiatan yang sama dilakukan Presiden SBY pada Oktober 2012.

Awang Faroek menjelaskan jika pada Oktober 2012 nilai proyek yang diresmikan sekitar Rp19 trilliun, maka untuk peresmian kali ini  meningkat menjadi Rp23 triliun, yang terdiri dari proyek milik pusat maupun daerah di Kaltim.

            "Sedianya peresmian dan ground breaking ini akan dilakukan presiden saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI di Samarinda pada 19 Juni. Namun karena bapak presiden ada kegiatan di luar negeri maka diundur pada akhir Juni, atau menyesuaikan jadwal beliau. Beliau juga sudah berjanji kepada saya untuk meresmikan proyek-proyek di Kaltim sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober nanti," jelas Awang Faroek di hadapan jajaran Kemenko Perekonomian yang dipimpin Deputi bidang Infrsatruktur dan Pengembangan Wilayah Lucky Eko Wuryanto.

Menurut Awang Faroek, keinginan Presiden SBY untuk datang ke Kaltim dan meresmikan sejumlah proyek tidak terlepas dari keberhasilan Kaltim melaksanakan program MP3EI di daerah. Dan Awang Faroek pun mengakui bahwa program MP3EI merupakan suatu berkah bagi daerah, khususnya Kaltim, terutama dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak.

            "Bapak presiden mengucapkan terima kasih kepada saya, karena telah berhasil melaksanakan program MP3EI. Ini merupakan bukti bahwa MP3EI bukanlah program pencitraan semata, melainkan program percepatan pembangunan yang memberikan dampak positif kepada daerah," kutipnya.

            Adapun 29 proyek yang akan diresmikan oleh Presiden SBY diantaranya adalah Terminal Baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, tiga bandara di kawasan perbatasan, yakni Long Bawan, Long Apung dan Datah Dawai.

Selanjutnya, peresmian sejumlah pabrik kelapa sawit yang tersebar di wilayah Kaltim. Peresmian Samarinda Convention Hall, Education Centre Samarinda, Rumah Sakit Ketergantungan Obat untuk rehabilitasi pengguna narkoba di Samarinda dan Masjid Al Ma'ruf di komplek Vorvoo Samarinda.

            Kemudian proyek gas bumi Lapangan Ruby, beberapa pembangkit listrik dan ground breaking dua institut berskala nasional, yakni Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni dan Budaya Indonesia di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Sedangkan untuk pabrik Pupuk Kaltim-5 akan diresmikan pada September mendatang. Direncanakan, Presiden SBY akan datang dua kali ke Kaltim untuk melakukan peresmian dan ground breaking, yakni Juni atau Juli dan kemudian pada September.

"Untuk peresmian dan ground breaking tahap pertama kami sudah siapkan seluruhnya dan tinggal menyesuaikan jadwal Presiden saja," tegasnya.

            Sementara itu, Lucky Eko Wuryanto memberikan apresiasi terhadap kinerja Gubernur Kaltim bersama jajarannya dalam melakukan percepatan pembangunan di daerah. Khususnya untuk gubernur yang menurut Lucky sangat bersemangat dalam melaksanakan proyek MP3EI di daerah dan terbukti telah berhasil melaksanakan pembangunan proyek-proyek strategis yang masuk dalam program MP3EI.

            "Semangat Pak Awang Faroek ini tidak ada tandingannya. Kaltim telah berhasil melaksanakan program MP3EI. Terkait peresmian ini pastikan saja semua proyek-proyek yang ada sudah clean and clear. Kita akan menyesuaikan dengan jadwal Bapak Presiden," katanya.

            Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Ekonomi Pembangunan HM Sa'bani, Kadis Perhubungan Zairin Zain, Kadis PU Taufik Fauzi, Kepala BPPMD Diddy Rusdiansyah, Kepala Biro Bangda Salman Lumoindong, Kepala Biro Humas dan Protokol S Adiyat, Kepala Biro Ekonomi Abu Helmi, Kadis Perkebunan Etnawaty dan Kadis Pertambangan dan Energi Amrullah. (her/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (kanan) berdiskusi dengan Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung.(heru/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation