Kemenkumham Terima 664 Penjaga Tahanan

Kepala Kanwil Kemenkumham Agus Saryono berdiskusi dengan Gubernur Awang Faroek Ishak tentang program kerja Kanwil Kemenkumham Kaltim. (SENO/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr  H Awang Faroek Ishak mengapresiasi langkah Kanwil Kementerian  Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kaltim yang melakukan rekrutmen terhadap 664 orang untuk  menjadi tenaga penjaga tahanan. Langkah itu kata Awang, sangat membantu pemerintah daerah mengurangi angka pengangguran, sekaligus sinergi menyikapi permasalahan sektor ketenagakerjaan di daerah.    

 

"Apresiasi kami atas penerimaaan 664  orang  untuk  tenaga penjaga tahanan yang telah dilakukan Kanwil Kemenkumham Kaltim. Tentu ini sangat membantu pemerintah daerah mengatasi permasalahan tingginya angka pengangguran," kata Awang Faroek saat menerima Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Agus Saryono dan jajaran  di ruang kerja Gubernur Kaltim, Kamis (4/1).    

 

Sebelumnya Agus Saryono didampingi Kepala Divisi Administrasi Sarana dan Prasarana Kanwil Kemenkumham Kaltim Iwan Santoso, menyebutkan kegiatan orientasi kepada  calon pegawai negeri sipil (CPNS)  untuk penjaga tahanan yang akan ditempatkan di Kaltim dan Kaltara  sebanyak 599 orang dari SLTA dan formasi  sarjana  (S1) 65 orang.   

 

Orientasi dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu di Lamin Etam atau Olah Bebaya. Kemudian  orientasi berikutnya akan dilakukan di Stadion Madya Sempaja Samarinda. "Rekrutmen  tenaga penjaga tahanan sebelumnya dilakukan dengan tes baik lisan maupun tertulis dan semuanya  berasal dari warga Kaltim dan Kaltara, " kata Agus Saryono. Dengan penerimaan tenaga penjaga tahanan yang semuanya berasal dari dalam  daerah, tentu diharapkan mereka tidak ada yang mengajukan untuk pindah setelah bekerja. (mar/sul/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation