Kemenlu dan Pemprov Gelar Sosialisasi ASEAN

Songsong Komunitas ASEAN 2015

 

SAMARINDA – Direktorat Mitra Wicara dan Antar Kawasan (Dit. MWAK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bekerjasama dengan Pemprov Kaltim, Universitas Mulawarman (Unmul), Pusat Studi ASEAN (PSA) Unmul dan Kadin Kaltim, menggelar kegiatan sosialisasi mengenai ASEAN, menyongsong terbentuknya Komunitas ASEAN 2015 yang akan berlangsung di Samarinda pada10-11 Juli 2014.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat mengungkapkan rangkaian kegiatan sosialisasi ASEAN ini meliputi penyelenggaraan Seminar Nasional bertema “Menuju Komunitas ASEAN 2015: Pemanfaatan Kerjasama Kemitraan ASEAN dengan Mitra Wicara untuk Daerah”, pada Kamis 10 Juli 2014, pukul 14:00 Wita di Kantor Gubernur Kaltim.

“Seminar nasional ini akan dibuka Gubernur Kaltim dilanjutkan dengan sambutan dan paparan dari Duta Besar Eddi Hariyadhi dan Duta Besar Ngurah Swajaya, serta Rektor Universitas Mulawarman. Kegiatan ini juga dirangkai dengan acara buka puasa bersama,” ungkap Adiyat, Senin (7/7).

Masih di hari yang sama, kegiatan selanjutnya, yakni pada pukul 19:00 Wita bertempat di Hotel Aston Samarinda, digelar Working Dinner antara Ditjen Kerjasama ASEAN dengan para pejabat pengelola media dan pejabat Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, yang dirangkai dengan buka puasa bersama sekaligus diskusi interaktif dengan tema “Peran Media dan Humas dalam Menyongsong Komunitas ASEAN 2015”.

“Peran media dinilai penting dan strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga diharapkan mampu memberikan pencerahan agar masyarakat mampu memanfaatkan peluang Komunitas ASEAN 2015 secara maksimal. Dan yang terpenting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Komunitas ASEAN 2015,” jelasnya.

Pada rangkaian akhir kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan workshop tentang “Penyusunan Proposal Proyek Pemanfaatan Trust Fund dan Project Fund yang dikelola oleh Sekretariat ASEAN”. Dengan harapan, para peserta yang hadir dapat memanfaatkan trust fund dan project fund yang dikelola oleh Sekretariat ASEAN dibawah Ditjen Kerjasama ASEAN Kemenlu.

Adapun peserta yang diundang berasal dari berbagai kalangan/stakeholders, diantaranya SKPD lingkup Pemprov Kaltim, akademisi, pengusaha, lembaga swadaya masyarakat (LSM), media dan mahasiswa, serta kabupaten/kota.

“Kita juga mengundang Pj Gubernur Kaltara dan bupati/walikota dari 15 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara,” pungkasnya. (her/sul/es/hmsprov).

////FOTO : S Adiyat

 

Berita Terkait