Kemenpora Restui PGK Jadi Agenda Rutin Nasional

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak

 

SAMARINDA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengapresiasi penyelenggaraan PGK yang rutin dilaksanakan Pemprov Kaltim. Gatot menegaskan Kemenpora siap mendukung dan merestui PGK menjadi agenda rutin nasional, setelah Piala Presiden yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya sebelum masuk musim Liga Indonesia.

 

Gatot mengatakan, penyelenggaraan turnamen pra musim seperti PGK maupun Piala Presiden perlu dilaksanakan, agar mendukung dan memotivasi seluruh tim maupun pemain untuk meningkatkan kualitas kemampuan mereka, sehingga ketika masuk musim Liga semua sudah kompak. "Turnamen pra musim sangat bagus dilaksanakan, terutama yang dilaksanakan Pemprov Kaltim, melalui PGK. Ini wajib dilanjutkan. Meski tahun ini Gubernur Awang Faroek Ishak sudah berakhir kepemimpinannya, tetapi turnamen harus tetap dilanjutkan oleh penerusnya dan Kemenpora siap mendukung menjadi agenda rutin," kata Gatot S Dewa Broto usai Final PGK II di Stadion Utama Palaran Samarinda, Minggu (4/3) malam. Siapa pun pemenang dalam turnamen ini, even ini jadikan sebagai ajang pemanasan jelang Liga Indonesia. 

 

Sementara Ketua Umum PSSI Letjen TNI Edy Rahmayadi mengatakan jika menjadi agenda nasional, tentu ini sangat baik. Karena menambah kualitas kemampuan pemain. Hanya saja, agenda ini harus disesuaikan dengan Liga Indonesia agar tidak mengganggu agenda Liga Indonesia. "Saya melihat baru satu provinsi yang melaksanakan ini. Semoga diikuti provinsi lainnya," harap Edy Rahmayadi. 

 

Kadispora Kaltim Syiradjuddin mengatakan segera mengevaluasi penyelenggaraan ini dan menindaklanjuti apa yang disampaikan Kemenpora. Karena, agenda ini diharapkan Gubernur Awang Faroek bisa menjadi agenda rutin nasional. "Semoga bisa teragendakan dan tentu akan menjadi semangat bagi tim-tim asal Kaltim dan Indonesia," ujarnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait