Kenalkan Kaltim ke Mancanegara Lewat Musik Jazz

Kenalkan  Kaltim ke Mancanegara Lewat Musik Jazz

 

SAMARINDA - Gubernur  Kaltim Dr H Awang  Faroek Ishak meminta para pecinta musik jazz di daerah ini untuk terus membudayakan musik dengan ritme dan melodi yang cenderung improvisatif. Gubernur meyakini, dengan musik jazz Kaltim akan lebih dikenal hingga manca negara.

"Saya sangat mengapresiasi untuk kegiatan seperti ini. Saya menantang para musisi daerah ini agar bisa membawakan lagu-lagu daerah dengan aransemen jazz," kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat menghadiri Festival Mahakam Jazz River Samarinda, dalam rangka menyambut peringatan Hari Jazz Sedunia, 30 April 2015 di  Cafe Coffee Time Samarinda, Sabtu (25/4).

Awang  Faroek, juga mengimbau kepada generasi muda Kaltim untuk terus meningkatkan serta terlibat pada kegiatan tersebut, karena menurutnya event musik seperti ini jauh lebih baik dari pada mengikuti arus kenakalan remaja yang yang bersinggungan dengan narkoba.

"Teruslah berkreasi. Itulah harapan saya kepada anak-anak muda dan tahun ini adalah tahun kreatifitas untuk anak-anak muda Kaltim. Pemerintah daerah akan memberikan penghargaan seni dan budaya untuk kreatifitas seperti ini," tambah Gubernur. 

Wakil Ketua Panitia Mahakam River Jazz Samarinda Agus Subhan mengatakan,  musik jazz saat ini ini telah dijadikan sebagai sarana untuk mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata, bukan hanya melibatkan anak muda, event jazz juga bekerja sama dengan pemerintah untuk mempromosikan budaya daerah.             

"Seperti bulan September nanti akan diselenggarakan Festival jazz Maratua di Kabupaten Berau dan kegiatan tersebut tidak lepas dari peran serta pemerintah seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," kata Agus Subhan.

Sementara itu, pembina Makaham River Jazz  Khairid Daha mengatakan, International Jazz Day adalah celebrating jazz sejagat, dimana pencanangannya resmi ditetapkan badan internasional PBB yakni Unesco, setiap tanggal 30 April.

"Ide untuk international jazz day berawal dari ikon jazz kaliber dunia Herbie Hancock yang sebelumnya ditunjuk menjadi good will ambasador Unesco, sebagai program utamanya dan didukung penuh oleh Direktur Jendral Unesco Iriana Bakova," ujar Khairid.

Ditambahkan, Mahakam River Jazz untuk ketiga kalinya menggelar parade tahunan dan akan diikuti ratusan komunitas jazz di belahan dunia.

"East Borneo to The Word merupakan komunitas jazz di Kaltim yang nantinya siap untuk mengharumkan nama daerah, pada International Jazz  Day 2015 di Perancis," kata Khairid Daha. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait