Kepala BKPM Salut Kaltim

Kaltim Manfaatkan Potensi SDA Terbarukan

BALIKPAPAN - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani pada diskusi CEO Forum yang digelar Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kaltim, di Balikpapan Senin (4/5) menyatakan salut dengan upaya Kaltim membangun transformasi ekonomi daerah yang kini masih bertumpu pada SDA tidak terbarukan menuju pada pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan potensi SDA terbarukan.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Franky mengatakan Kaltim merupakan salah satu daerah menarik untuk berinvestasi, menurut catatan BKPM secara jumlah investasi, daerah ini masuk dalam posisi lima besar untuk total investasi mencapai Rp36 triliun, demikian juga untuk tujuan investasi menempati urutan tiga nasional. Sedangkan untuk rasio investasi berada di posisi empat nasional, yakni 40 persen investor merealisasikan rancana investasinya.

“Melihat kondisi ini, kami mengajak Pemprov Kaltim melakukan promosi bersama yang difasilitasi BKPM untuk menghadirkan sejumlah investor ke Jakarta dan ajang ini akan menjadi ladang jualan bagi potensi investasi Kaltim,” katanya.

Dia yakin jika ini berhasil dan Kaltim bisa mencapai rasio investasi hingga 80 persen, dipastikan bisa melampaui DKI Jakarta yang saat ini rasio investasinya 60 persen dan Jawa Timur 42 persen.

Menyinggung tentang jatah gas untuk pembangkit listrik Kaltim, Franky berjanji akan memfasilitasi keinginan daerah ini, karena permintaan tersebut sangat wajar untuk memenhi kebutuhan energi listrik bagi masyarakat.

“Kami berpengalaman memfasilitasi masalah ini dengan dua perusahaan dan kita bersyukur bisa menyelsaikan masalah tersebut dan memastikan kedua perusahaan itu segera mendapat pasokan gas. Tentunya kami juga akan berupaya memfasilitasi keinginan Kaltim yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat,” kata Franky Sibarani.

Hadir dalam diskusi panel tersebut, yakni Kepala Polda Kaltim Irjen Pol Andayono, Ekonom dari INDEF, Aviliana, yang dipandu oleh Wakil Pemimpin Umum  Harian Bisnis Indonesia, Ahmad Jauhar.  Hadir pula Ketua Apindo Kaltim, M Slamet Brotosiswoyo.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama Universitas Mulawarman dan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada dengan Apindo Kaltim mengenai  Dunia Industri dalam Riset, Traning dan Pengembangan.(santos/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama sejumlah pembicara pada diskusi panel pada CEO Forum Balikpapan 2015 dan jajaran APINDO. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait