Kepala Desa/Kampung Jalani Seleksi Pemaparan Lomdeskel 2018


SAMARINDA– Kepala Desa/kampung yang masuk peringkat tiga besar Lomba Desa/Kampung dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat provinsi tahun ini menjalani tahapan seleksi pemaparan. Pada tahapan akhir ini, setiap kepala desa/kampung berlomba menyampaikan informasi terbaik kepada tim penilai, yaitu memaparkan kinerja pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah masing-masing untuk ditetapkan sebagai desa/kampung dan kelurahan terbaik tingkat provinsi.

"Ini tahapan yang sangat menentukan. Silahkan paparkan keberhasilan yang sudah dilakukan sebagai acuan tim menetapkan desa/kampung dan kelurahan terbaik tahun ini," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Jauhar Efendi saat membuka pelaksanaan tahapan seleksi pemaparan Lomdeskel 2018, di Ruang Pertemuan Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (24/7).

Menurut Jauhar, ada beberapa hal penting yang menjadi penilaian seleksi pemaparan menyangkut hal-hal yang sudah dilakukan seperti pemenuhan ketersedian infrastruktur dasar masyarakat berupa jalan, jembatan, maupun pelayanan kesehatan, dan pendidikan.

Karena itu, tahapan pemaparan tersebut menghadirkan setiap kepala bidang di lingkungan DPMPD Kaltim untuk mengukur kesesuaian capaian yang dipaparkan dengan kondisi yang seharusnya sesuai lingkup bidang terkait.

Termasuk dihadirkan tim penilai dari instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kaltim, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kaltim, hingga LPM yang juga akan melihat kesesuaian pamaparan dengan yang seharusnya dilakukan. 

"Seleksi pemaparan ini juga dihadiri oleh Tim dari Kemendagri. Setidaknya ada empat orang dari Tim Kemendagri yang memantau jalannya tahapan seleksi ini," ujarnya.

Lebih lanjut, seleksi pemaparan dilaksanakan selama dua hari, 24-25 Juli 2018. Hari pertama khusus pemaparan kepala desa/kampung yang ditetapkan masuk tiga besar diawali pemaparan Kepala Kampung Juhan Asa, Barong Tongkok, Kutai Barat, dilanjutkan Kepala Desa Maluang, Gunung Tabur, Berau dan diakhiri Kepala Desa Sidorejo, Penajam, Penajam Paser Utara (PPU).

Hari kedua dilanjutkan pemaparan Lurah Belimbing, Bontang Barat, Bontang. Kemudian Lurah Sepinggan, Balikpapan Barat, Balikpapan dan Lurah Tanjung Redeb, Tanjung Redeb, Berau.

Hasil tahapan seleksi pemaparan akan diumumkan  31 Juli 2018. Desa/kampung dan kelurahan terbaik akan diberi penghargaan Lomdeskel 2018 pada Malam Anugrah Kaltim Award 2019 yang akan dilaksanakan Januari 2019 dalam rangka peringatan HUT Pemprov Kaltim.(jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation