Kepsek SMA/SMK Diminta Sampaikan SPJ Bosda Triwulan I

Dayang Budiati

SAMARINDA - Dalam upaya memudahkan realisasi dan penyerapan  Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Provinsi tahun ini, Satuan Pendidikan, baik SMA maupun SMK yang telah menerima Bosda untuk triwulan I  agar segera menyampaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) ke Dinas Pendidikan Kaltim.

SPJ tersebut menjadi prasyarat pihak sekolah untuk bisa menerima Bosda triwulan kedua, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah. "Untuk Bosda dan Bosnas triwulan pertama tahun ini sudah semua terealisasi. Sedangkan yang kedua belum semua terealisasi karena SPJ Bosda triwulan I masih belum dilaporkan," kata Kadisdik Kaltim Dayang Budiati di Samarinda, Rabu (18/7).

Dayang meminta pihak sekolah yang belum menerima Bosda maupun Bosnas triwulan kedua dapat segera menyampaikan SPJ mereka. Dengan begitu, pemerintah bisa segera merealisasikan ke rekening sekolah masing-masing.

Dayang mengatakan, Bosda dirancang untuk mendorong dan mendukung manajemen berbasis sekolah, melalui penyediaan dana tambahan di tingkat sekolah. Mekanisme alokasi berbasis formula yang lebih efektif merupakan langkah awal yang penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja pendidikan pemerintah. Hal ini memiliki potensi guna meningkatkan kualitas pendidikan untuk semua siswa dan mempersempit kesenjangan antar sekolah di seluruh Indonesia. "Semoga saja, pihak sekolah yang merasa belum menyampaikan SPJ bisa segera menyampaikan. Sehingga dana tersebut bisa terealisasi tepat sasaran," jelasnya.(jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation