Kerjasama Dengan Awang Faroek Institute dan Rumah Perubahan

Hari Ini Kaltim Gelar Rembuk Rakyat

SAMARINDA – Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Awang Faroek Institute dan Rumah Perubahan menggelar Rembuk Rakyat Kalimantan Timur 2014 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, pada Rabu, 26 Februari 2014.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat, mengungkapkan perhelatan Rembuk Rakyat Kaltim 2014 ini dimaksudkan untuk menyempurnakan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2014-2018. Sehingga perlu pelibatan masyarakat dan pihak terkait lain guna mengkritisi visi, misi maupun program aksi dalam draft RPJMD.

“Karena itu, rembuk bersama ini melibatkan akademisi, praktisi, politisi, birokrat, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, mahasiswa serta para pihak lain. Diharapkan mereka dapat berkontribusi menyumbangkan ide dan pikiran terkait program prioritas pembangunan Kaltim lima tahun kedepan,” ungkap Adiyat, Selasa (25/2).

Adiyat menjelaskan agenda utama pada Rembuk Rakyat Kaltim 2014 adalah untuk membedah Visi dan Misi Kaltim 2014-2018 serta dibarengi dengan pembekalan bagi para calon anggota legislatif (caleg) Kaltim (DPRD Kaltim) khususnya yang berhubungan dengan Visi dan Misi Kaltim 2014-2018.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, yakni untuk mengetahui apakah draft RPJMD Kaltim 2014-2018 sudah memenuhi kebutuhan masyarakat Kaltim. Guna mengetahui apakah program pembangunan Pemprov Kaltim lima tahun kedepan sudah sesuai dengan kebutuhan dalam mewujudkan Visi Kaltim, yakni “Mewujudkan Kaltim Sejahtera yang Merata dan Berkeadilan Berbasis Agroindustri dan Energi yang Ramah Lingkungan”.

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah indikator keberhasilan pembangunan yang telah ditargetkan cukup realistis. Untuk mengetahui strategi-strategi apa saja yang diperlukan untuk mencapai sasaran pembangunan Kaltim. Untuk melihat seberapa jauh pelibatan para pihak dalam perencanaan pembangunan Pemprov Kaltim.

“Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan menjadi keynote speech pada Rembuk Rakyat Kaltim 2014 ini. Untuk pembahas utama kita akan menghadirkan Prof Renald Khasali dari Rumah Perubahan,” jelasnya. (her/sul/es/hmsprov).

////FOTO : S Adiyat

Berita Terkait