Kalimantan Timur
Kerjasama dengan TNI Terjalin Baik

Olahraga Sehat Gembira dan Peringatan HUT TNI ke 68

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyatakan dengan usia Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 68, terutama di Kaltim diharapkan dapat meningkatkan kerjasama TNI dan pemerintah di daerah agar terus terjalin baik. Hal itu harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa-masa mendatang.
“Melalui kerjasama yang baik dan harmonisasi antar TNI dengan pemerintah di daerah, ternyata memberikan manfaat yang besar bagi stabilitas keamanan di Kaltim. Karena, zaman repormasi dan globalisasi saat ini, tentu stabilitas keamanan sangat diharapkan. Sehingga dengan stabilitas tersebut pemerintah di daerah dapat menjalankan program pembangunan yang lebih baik,” kata Awang Faroek Ishak di sela-sela olahraga sehat gembira dan dirangkai dengan memperingati HUT TNI ke 68 di Halaman Korem 091 Aji Suryanata Kusuma (ASN) Jalan Gajah Mada Samarinda, Ahad kemarin (6/10).
Menurut dia, dalam rangka meningkatkan daya saing di daerah dan mendukung program pemerintah pusat, yakni menyukseskan Program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Maka guna menyukseskan itu semua, tentu stabilitas keamanan menjadi bagian terpenting, sehingga pembangunan tersebut dapat terwujud.
Dengan bertambah usia, Awang berharap TNI semakin dewasa dalam menjalankan program kerja di masing-masing satuan, baik darat, laut dan udara.
 “Saya berharap ke depan kita bisa bekerjasama dengan lebih baik lagi. Apalagi, Kaltim tengah melakukan pembangunan di wilayah perbatasan. Karena itu, dengan kerjasama yang baik antara TNI dan pemerintah di daerah tentu diperlukan, sehingga pembangunan tersebut dapat terwujud dengan baik. Contohnya saat ini Pemerintah Provinsi tengah membangun bandara, mulai dari Long Bawan, Long Ampung dan Data Dawai,” jelasnya.
Melalui pembangunan tersebut dan adanya kerjasama antara pemerintah di daerah dan TNI, diharapkan kesejahteraan rakyat di wilayah perbatasan dapat terwujud. Bahkan, melalui kegiatan olahraga sehat gembira keluarga yang dilaksanakan setiap bulan sekali diharapkan dapat menyatukan antara Pemerintah Provinsi dengan TNI dan Polri serta lembaga vertikal yang lain.
Dengan kerjasama yang baik antara intansi tersebut, khusus dengan TNI, diharapkan mampu menciptakan Kaltim yang aman, daman dan sejahtera. Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brijen TNI Gadang Pambudi berharap dengan bertambah usia TNI, diharapkan kualitas kinerja dapat ditingkatkan. Bahkan, kebersamaan antara TNI dengan Pemerintah Daerah dapat terus terjalin dengan baik, terutama di Kaltim.
“Banyak tugas yang harus diselesaikan TNI di Kaltim, terutama masalah perbatasan. Namun demikian, hal itu akan terus ditingkatkan penanganannya. Sementara, peningkatan kebersamaan antara TNI dengan Pemerintah Provinsi dapat terus dijaga dengan baik, sehingga pembangunan di daerah ini dapat terwujud,” jelasnya.
Menurut dia, kebersamaan antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di Kaltim saat ini sudah terjalin dengan baik. Karena itu, diharapkan kebersamaan tersebut dapat dipertahankan jika perlu ditingkatkan. Misal, dengan melaksanakan kegiatan rutin olahraga sehat gembira yang diprogramkan Pemprov Kaltim.
Selain itu, dari kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan perahu karet kepada Korem 091/ASN dari BPD Kaltim, yang diserahkan oleh Direktur Utama BPD Kaltim H Zainuddin Fanani dan diterima Danrem 091/ASN Gadang Pambudi.
Olahraga sehat gembira juga dirangkai dengan pemberian doorprize, jalan sehat, sepeda santai, layanan perpanjangan SIM dan STNK serta bazar.(jay/hmsprov)   

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersepeda bersama dengan jajaran TNI Korem 091/ASN, dalam kegiatan olahraga sehat gembira keluarga yang dirangkai dengan peringatan HUT TNI ke-68. (jaya/humasprov/kaltim)
 

Berita Terkait