Kerjasama DKP dan Fakultas Perikanan Unmul Bangun Apartemen Ikan


 

SAMARINDA-Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Fakultas Perikanan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda membuat apartemen ikan yang ditempatkaan pada terumbu karang yang rusak di wilayah  Kabupaten Kutat Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim Ir Nursigit mengatakan pembuatan apartemen ikan adalah rumah buatan yang berfungsi sebagai habitat baru ikan dan sebagai pengganti terumbu karang yang rusak. Penempatan apartemen ikan dapat mengumpulkan ikan dengan memberikan tempat berlindung dan tempat memijah  telur mereka.

"Kami akan membuat rumah-rumah ikan, khususnya pada terumbu karang yang sudah rusak. Tujuannya untuk bisa memperbanyak rumah-rumah ikan, sehingga dengan begitu selain menjadi tempat berkumpul ikan-ikan juga sebagai tempat berkembang biak serta pertumbuhan makanan ikan," kata Nursigit, Senin (20/2). 

Apartemen ikan dibangun di beberapa tempat, diantaranya di Kabupaten  Kutim dan Kabupaten Kukar, tepatnya di Kecamatan Muara Badak. Setelah dibiarkan selama beberapa bulan, apartemen ikan dapat ditumbuhi terumbu karang sehingga menjadi kumpulan terumbu karang yang baru dan itu menjadi rumah-rumah ikan.

"Apartemen atau rumah ikan tersebut dirancang mempunyai banyak celah atau sekat seperti layaknya bangunan. Apartemen  tersebut bermanfaat untuk melindungi telur dan larva serta anak-anak ikan, sekaligus menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis ikan sehingga memudahkan paran nelayan untuk menangkap ikan pada radius 100- 200 meter di luar areal apatemen/rumah ikan," paparnya. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation