Kerjasama Pemprov-Brimob Sangat Baik

Gubernur Hadiri Upacara HUT Brimob ke-68

BALIKPAPAN- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyatakan, selama ini hubungan dan kerjasama Pemprov Kaltim dengan jajaran Brimob sangat baik. Untuk itu dia mengajak Brimob yang memasuki usia ke-68 tahun untuk terus  meningkatkan pengabdian dan kinerja dalam rangka menciptakan suasana Kaltim  yang aman dan kondusif.
“Sesuai tugas dan tanggung jawabnya untuk  menegakkan supremasi hukum, maka jajaran Kepolisian utamanya Satuan Brimob, jangan ragu-ragu bertindak  tanpa mengabaikan prinsip-prinsip kehati-hatian dan prosedur yang berlaku. Karena setiap gerak gerik polisi akan senantiasa diamati oleh masyarakat,” tegas Gubernur Awang Faroek Ishak pada syukuran HUT Brimob ke-68 di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Balikpapan, Kamis (14/11).
Menurut Awang, tugas polisi demikian sangat strategis dalam menunjang jalannya pemerintahan dan pembangunan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan dalam era otonomi daerah ini. Namun  citra polisi bisa  semakin terpuruk dalam pandangan masyarakat, jika tidak memiliki ketegasan dan kemandirian.  
Gubernur juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada jajaran Polda Kaltim khususnya  Korps Brimob yang sudah  menunjukkan kinerja yang baik dan berhasil menyelesaikan tugas-tugasnya di lapangan.  
Tugas yang menuntut perhatian ekstra yakni penanganan kasus pemblokiran (blocking) perusahaan batu bara, PT Kaltim Prima Coal (KPC) di Sangata, Kutai Timur, sekitar  tahun 2003. Kemudian kasus bernuansa SARA yang terjadi di Tarakan, Balikpapan dan daerah lainnya. Demo-demo mahasiswa dan buruh terkait kenaikan harga BBM, unjukrasa berkenaan dengan Pemilihan Umum  Kepala Daerah (Pemilukada) di berbagai daerah.  
"Yang terbaru, saya sangat merasakan bagaimana peran Satuan Brimob dalam menjaga pengamanan jalannya pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim periode 2013-2018 yang digelar 10 September lalu. Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik ini," kata Awang Faroek yang kemarin mengenakan baret kehormatan Korps Brimob.  
Proses Pilgub saat itu sempat diwarnai berbagai tanggapan masyarakat yang beberapa diantaranya meluapkannya dengan unjukrasa di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Gubernur hingga cenderung anarkis.  
Namun berkat kesigapan aparat kepolisian dengan dukungan penuh Satuan Brimob, semua permasalahan di lapangan dapat diatasi hinngga akhirnya Pilgub Kaltim berlangsung sukses dengan kemenangan  pasangan Awang Faroek Ishak - Mukmin Faisyal.
Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan  dan penyerahan bantuan berupa 20 unit  sepeda motor untuk Korps Brimob Polda Kaltim. Penandatanganan dilakukan oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Dicky A Totoy dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.
Hadir dalam penyerahan tersebut  Komandan Kasad Brimob Kombespol Leo Bona Lubis. Pada sesi hiburan Gubernur Awang Faroek juga didaulat untuk menyanyikan beberapa lagu dipandu pembawa acara kocak, Marlena.
Para anggota Brimob pun ikut berjoget dan nampak sangat bersuka cita. Acara lebih meriah dengan kehadiran artis ibukota Dewi Gita dan group band kocak Teamlo. Bersama Ketua Sementara DPRD Kaltim H Syahrun juga menghadiri upacara dan atraksi beladiri  prajurit Brimob Polda Kaltim.  (sar/hmsprov)

//Foto: PENUNJANG TUGAS. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan bantuan kendaraan bermotor untuk Brimo Polda Kaltim. (sarjono/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait