Kesaktian Pancasila, Motivasi untuk Saling Menghargai

Kesaktian Pancasila, Motivasi untuk Saling Menghargai

 

SAMARINDA - Makna dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati 1 Oktober setiap tahun dinilai dapat membawa masyarakat negeri ini untuk selalu saling menghargai satu dan yang lain.

Bila rakyat  dan pemerintah dapat memaknai Pancasila dengan benar, lantas menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan baik, maka diyakini bangsa ini akan berkembang jauh lebih baik dan kondusifitas daerah juga akan terjaga dengan baik.

“Terkadang masyarakat lupa akan arti dan makna kesaktian Pancasila. Tahun-tahun sebelumnya masyarakat masih sering memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan upacara, tetapi beberapa tahun belakangan ini mulai hilang. Ini menandakan makna dari peringatan tersebut sudah mulai menurun,” kata Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP di Samarinda, Rabu (30/9).

Memaknai peringatan tersebut bukan hanya melaksanakan atau mengikuti upacara semata, tetapi bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam keseharian, masyarakat dapat bertindak sesuai norma-norma kehidupan berbangsa dan bernegara.

Misal, tidak mengganggu ketentraman masyarakat. Tidak melakukan provokasi terhadap masyarakat yang lain hingga menimbulkan tindakan anarkis. “Dulu masyarakat sangat paham dengan makna Pancasila terutama dalam penerapan pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila (P4). Jika itu dipahami, maka sikap arogan tidak akan banyak terjadi. Sikap sopan santun selalu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Mukmin.

Turunnya keinginan masyarakat untuk memaknai Pancasila ini juga berdampak pada beraninya masyarakat terhadap pemimpin Negara. Contoh, perilaku sekelompok orang yang berani membakar gambar pemimpin Negara. Ini pertanda bahwa moral sebagian rakyat, sudah tidak bisa saling menghargai dan tidak juga menghormati pemimpin bangsa. 

“Momentum peringatan kesaktian Pancasila tahun ini diharapkan menjadi motivasi masyarakat untuk saling menghargai, sehingga kondusifitas daerah dapat terjaga dengan baik,” harap Mukmin. (jay/sul/hmsprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation