Kesbangpol Kaltim Minta Giatkan Kembali Pakem

SAMARINDA - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Yudha Pranoto menyampaikan agar masyarakat selalu waspada terhadap kelompok yang berpaham radikal di Kaltim dengan menggiatkan kembali Pengawasan Kepercayaan Masyarakat (Pakem) yang diketuai oleh Kajati Kaltim untuk tingkat provinsi dan Kajari untuk tingkat kabupaten dan kota.

"Saya minta agar masyarakat waspada dan digiatkan kembali Pakem yang tentunya dikoordinasikan dengan Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD)," kata Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto.

Menurutnya, keberadaan kelompok yang berpaham radikal di Kaltim ini masih tergolong kelas satu atau belum mengenal paham radikal. Kelompok kelas satu ini hanya bersosialisasi dan bertani. 

"Ada tiga kelas dalam kelompok yang berpaham radikal. Kelas pertama hanya sampai kegiatan sosialisasi dan bertani. Lalu kelas kedua mulai diajarkan tentang kepercayaan dan kelas ketiga ini yang paling berbahaya karena apapun yang dikatakan pimpinan akan dikerjakannya. Kaltim masih berada di kelas pertama dan belum masuk ke kelas yang radikal itu," katanya.

Anggota yang tergabung di kelompok paham radikal di Kaltim hanya menjadi korban. Sehingga, perlu terus diwaspadai adanya provokator yang masuk dalam kategori kelas tiga. 

"Kami masih terus telusuri yang masuk dalam kategori kelas tiga ini. Karena dari 200 lebih anggota yang tergabung, kalau kami pantau ada sekitar enam atau tujuh orang yang masuk ke kelas tiga," katanya. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation