Keunggulan SDM Tingkatkan Daya Saing Daerah

Keunggulan SDM Tingkatkan Daya Saing Daerah

SAMARINDA - Keunggulan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci terciptanya daya saing tinggi daerah. Mewujudkan hal tersebut, maka sejak lima tahun terakhir, Pemprov Kaltim telah memberikan kebijakan bantuan pendidikan bagi pelajar, mahasiswa dan guru di Kaltim.

“Kekayaan sumber daya alam dan potensi daerah yang berlimpah ini harus mampu mendukung terciptanya SDM berkualitas yang berimbas pada peningkatan kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP, pekan lalu.

Perhatian pada peningkatan kualitas SDM didasari pula pada kenyataan bahwa era globalisasi saat ini menuntut kemampuan daya saing yang tinggi dalam penguasaan teknologi, manajemen dan kompetensi.

Dalam upaya pengembangan SDM  ini, Pemprov Kaltim membuat kebijakan di sektor pendidikan  yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 03 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kaltim.

Melalui Perda itu Pemprov berupaya memenuhi ketentuan Undang-Undang terkait pengalokasian anggaran pendidikan yang mencapai 20 persen dari APBD, sehingga menempatkan pembiayaan pendidikan semakin besar.

Khususnya, Pemprov Kaltim telah mengalokasikan angaran ratusan miliar untuk  bantuan biaya pendidikan melalui bantuan stimulan dan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa, guru dan dosen di daerah.

Beasiswa juga diberikan untuk pelajar berprestasi maupun tidak mampu sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun luar daerah bahkan ke luar negeri, mulai pendidikan dasar, menengah  perguruan tinggi dari  jenjang S1, S2 hingga S3.

Program ini tentunya akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan daerah dan masyarakat. Bahkan, dalam program pendidikan kedepan dari 30.000 penerima tahun-tahun sebelumnya akan ditingkatkan menjadi 50.000 penerima berasal dari bantuan stimulan dan beasiswa.

“Dalam program Beasiswa Kaltim Cemerlang sudah jelas diberikan bantuan pembiayaan di sektor pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa bahkan dosen untuk pendidikan. Ini merupakan investasi masa depan Kaltim agar daerah memiliki daya saing tinggi,” jelas Mukmin.
 Termasuk insentif dan dukungan pembiayaan bagi para guru di kabupaten dan kota untuk meningkatkan kompetensi dan memenuhi standar sertifikasi tenaga pengajar. (yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : HM Mukmin Faisyal

 

Berita Terkait