KI Kaltim Diminta Lakukan Pendekatan kepada Media Massa

SAMARINDA - Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Informasi (KI) Kaltim periode 2016-2020 Hendro Prasetyo menyampaikan bahwa Komisioner KI Kaltim yang rencananya akan dilantik pada 31 Mei Mendatang agar melakukan pendekatan kepada media massa di wilayah kaltim.

"Pendekatan kepada media massa itu penting untuk mendukung perannya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pelaksanaan UU nomor 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik. Dengan melakukan pendekatan kepada massa tersebut nantinya para komisioner akan lebih mudah untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan yang ada di KI kaltim," kata Hendro yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Dokumentasi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim pada Kamis (19/5).

Menurutnya, program sosialisasi yang dilakukan oleh KI kaltim selain melalui diskusi panel juga dilakukan melalui pemberitaan di media massa baik media cetak, televisi, radio dan online tersebut dinilai lebih baik daripada melalui selebaran brosur dan pemasangan baliho.

"Melalui pemberitaan di media massa, program sosialiasi tentang pelaksanaan keterbukan yang dilaksanakan KI Kaltim bisa diketahui banyak masyarakat," katanya.

Hendro menambahkan, bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sehingga, sudah menjadi tugas utama Komisioner KI Kaltim yang mensosialisasikannya agar masyarakat dapat memahami terhadap hak dan kewajiban dalam mendapatkan informasi.

"Masyarakat berhak mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Informasi yang dibutuhkan itu kecuali membuka rahasia Negara, hak intelektual dan informasi yang mengganggu proses penyelidikan,” jelasnya. (adv/humasprov

Berita Terkait