Kiki Juara Lomba Batik Kreasi Kaltim


SAMARINDA – Kiki Ramadhania anggota Forum Anak Kaltim akhirnya mampu meraih juara pertama pada ajang Lomba Kreasi Batik Kaltim 2016 yang digelar Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berenacan (BPPKB) Kaltim dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2016.

Menurut Kepala BPPKB Kaltim Hj Halda Arsyad, lomba yang pertama kali diselenggarakan itu guna meningkatkan minat dan kecintaan anak menggunakan batik. “Lomba ini bagian upaya kita meningkatkan kreatifitas sekaligus kecintaan masyarakat sejak dini terhadap pakaian batik,” katanya.

Didampingi, Ketua Panitia Lomba Siti Khotidjah, dia mengungkapkan keyakinannya, bahwa lomba yang akan digelar setiap tahun ini mampu menumbuhkan kreatifitas para designer daerah.  Hal ini ujarnya, terlihat dari tampilan yang ditunjukkan para peserta lomba yang merupakan hasil kreatifitas designer muda daerah.

“Corak  warna dan pola pakaian yang dihasilkan sangat bagus dan tidak kalah dengan model-model atau rancangan designer luar Kaltim,” ungkapnya.  Walaupun diakuinya, 21 peserta hanya berasal dari dua daerah yakni Samarinda dan Kabupaten Berau namun hasil karyanya sangat bagus dan menarik.

Kedepan lanjut Halda, pihaknya akan lebih intensif melakukan sosialisasi sekaligus menyebarkan undangan terhadap seluruh daerah agar mendaftar jadi peserta lomba.  “Kita ingin batik khas Kaltim ini mampu bersaing di pangsa pasar nusantara bahkan mancanegara. Melalui ajang lomba ini kami memotivasi munculnya designer-designer muda yang ikut memacu pengembangan batik khas daerah,” harapnya.

Dia menambahkan pakaian batik yang telah menjadi juara akan ditampilkan pada peringatan HAN tingkat nasional di Mataram pada 22-24 Juli ini yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Lomba kreasi batik Kaltim selain menghasilkan Kiki Ramadhania sebagai juara pertama juga Melina Safarsira (Biro Umum) dan Putri Wahyuni (Samarinda) juara kedua dan ketiga.

Juga, juara harapan satu, dua dan tiga masing-masing Anggie Putri Paramitha (Samarinda), Vanieda Dwi Fitria (Berau) dan Luna Angelica Kasil (Dinas Pariwisata). (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation