KILAS BALIK 5 TAHUN (2008-2013) PENGABDIAN AWANG - FARID

Pengantar

             H Awang Faroek Ishak dan H Farid Wadjdy dilantik Menteri dalam Negeri H Mardiyanto pada 17 Desember 2008 sebagai Gubernur dan wakil Kaltim menggantikan Penjabat Gubernur Kaltim H Tarmizi A Karim.
             Pada masa kepemimpinannya (2008-20130 Awang-Farid mengusung tiga agenda besar yaitu; Menciptakan Kalimantan Timur yang aman, demokratis dan damai didukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa, Mewujudkan ekonomi daerah yang berdaya saing dan pro rakyat, dan Meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan rakyat dengan visi ”Mewujudkan Kaltim sebagai Pusat Agroindustri dan Energi Terkemuka Menuju Masyarakat Adil dan Sejahtera” dan slogan; ”Membangun Kaltim untuk Semua”.
             Selanjutnya, pada periode kedua pengabdiannya Awang Faroek Ishak berpasangan dengan Wagub H Mukmin Faisyal dan akan dilantik Mendagri pada 17 Desember 2013 nanti. Berkenaan dengan itu, Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang senantiasa mengikuti, merekam dan mempublikasikan gerak dan langkah pembangunan Kaltim selama lima tahun kepemimpinan Awang, berikut ini menurunkan foto-foto kilas balik yang menggambarkan bagaimana sosok Awang Faroek Ishak dengan semangatnya bekerja, mengemban amanah melaksanakan pembangunan dan mewujudkan Kaltim yang lebih baik, maju dan sejahtera.

              Drs. S. Adiyat
              Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol
              Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur

 

Foto : Presiden Susilo Bambang Yudoyono menekan sirene tanda diresmikannya Jembatan Mahulu dan PLTGU Somber, Kutai Kartanegara sekaitan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Samarinda, 15 Juli 2009.

 

Tahun pertama kepeminpinan Gubernur Awang Faroek Ishak bersama jajaran Pemprov Kaltim berusaha melobi Pemerintah Pusat untuk peningkatan pembangunan di Provinsi Kaltim. Tampak ketika Awang bertemu Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa untuk memperoleh kepastian jatah pembangunan pembangkit listrik 2X100 MW untuk Kaltim masuk dalam program nasional 10.000 MW. Sebagai upaya segera mengakhiri krisis energi listrik di daerah ini.
 

 

 

Menjumpai Menteri Departemen PU, Joko Kirmanto dan jajarannya untuk membicarakan tindak lanjut pembangunan Trans Kalimantan di Kaltim dan pembangunan sejumlah sarana infrastruktur lainnya di Kaltim.
 

 

 

 

 

Bersama penerima Adipura dan tokoh masyarakat peduli lingkungan yang mendapat penghargaan LH

 

 

 

 

 

 

 


 


Memimpin Kaltim untuk Semua
Bersama Wakil Gubernur Farid Wadjdy dan Sekprov Kaltim Irianto Lambrie, Gubernur Awang Faroek Ishak melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Siswa-siswa sekolah dasar pun tersenyum menyambut kedatangan gubernur dan rombongan.
 

 

 

 

 

 

 

Mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional M Nuh pada peringatan Hari Aksara Nasional di Samarinda

 

 

 

 

 

 

Bersorak saat nonton bareng  masyarakat Samarinda pada final Piala AFF di Stadion Segiri Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

Mencoba mobil rakitan karya putra-putri Kaltim saat peresmian UPTD. BLKI Disnakertrans Kaltim di Bontang

 

 

 

 

 

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy membuka Sukan Borneo IV di Stadion Madya Sempaja. Selain menjadi media ujicoba sejumlah cabang olahraga, Sukan Borneo juga bermanfaat sebagai ajang promosi wisata dan budaya.
 

 

 

 

 

 

Memberi ucapan selamat kepada pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) usai Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-66
 

 

 

 

 

 

 

Bukan The Sleeping Giant
Tahun ketiga masa  kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wakil Gubernur Farid Wadjdy, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Kaltim menunjukkan tren yang kian positif.
Saat berkunjung ke Kaltim untuk meresmikan sejumlah proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun tidak ragu memuji kemajuan Kaltim dibawah komando Gubernur Awang Faroek Ishak.
"Kalimantan Timur yang sekarang, bukan lagi the sleeping giant (raksasa tidur). Kalimantan Timur sekarang sudah berlari kencang. Ini kenyataan, ini realitas," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat peresmian itu.

 


PENUNJANG BSB - Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan, Santoso Eddy Wibowo, Wakajati Kaltim Agus Riswanto, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Wagub Farid Wadjdy dan Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya Pembangunan Gedung Terminal dan Bangunan Penunjang BSB.
 

 

 

 

 

MOMEN BERSAMA - Sebelum kembali ke Jakarta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Hj Ani Yudhoyono foto bersama dengan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Hj E Amelia Suharni Faroek. Kebersamaan yang layak diabadikan

 

 

 

 

 

 

AUSTRALIAN INTERNATIONAL SCHOOL - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menandatangani prasasti Australian International School disaksikan, Walikota Balikpapan, H Rizal Effendy, Pendiri Yayasan AIS, Penny Robertson dan Penasehat AIS, Sabam Siagian, di Balikpapan.
 

 

 

 

 

Menghargai Perbedaan, Guyub dan Rukun

Gubernur Awang Faroek Ishak sering mengatakan  bahwa Kalimantan Timur adalah miniatur Indonesia atau Indonesia mini. Berbagai suku dan agama ada di sini. Arus migrasi penduduk luar daerah ke Kaltim, kian waktu kian tak terbendung. Kaltim ibarat gula, sehingga sangat tidak aneh jika Kaltim begitu diminati.
Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bergerak selaras untuk menciptakan kemajuan yang kian nyata dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dalam pergerakan yang kian kencang dibungkus persaingan yang kian ketat, Kaltim masih mampu menunjukkan diri sebagai provinsi yang kondusif , guyub dan rukun di tengah perbedaan yang sangat beragam.
Kondisi ini tidak mungkin tercipta begitu saja, tetapi harus dibangun dengan semangat kebersamaan dan kebhinekaan yang kokoh. Gubernur Awang Faroek telah membuktikan, bahwa dia adalah seorang figur pemimpin yang plural dan sangat menghargai perbedaan. Perbedaan itu berkah dan damai itu benar-benar indah.

OPTIMALKAN FKUB - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menandatangani prasasti peresmian Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di halaman belakang Kantor Kementerian Agama Provinsi Kaltim. Optimalisasi peran FKUB diharapkan dapat membantu penciptaan suasana kondusif di daerah ini.
 


 

 

 

 

DEKAT DENGAN RAKYAT -  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak nampak sangat dekat dengan rakyat. Ibu-ibu rumah tangga pun sangat senang bisa bicara lebih dekat dengan pemimpin mereka

 

 

 

 

 

 

SELALU DINANTI - Kehadiran Gubernur Awang Faroek selalu dinantikan rakyat. Visi jauh ke depan yang diwujudkan dalam program-program jangka panjang, menunjukkan bahwa gubernur Kaltim pilihan langsung rakyat ini memang hanya berpikir tentang masa depan rakyatnya, bukan kepentingan pribadi atau keluarganya

 

 

 

 

 

 

Banyak Kemajuan

Masa tugas Gubernur Awang Faroek dan Wakil Gubernur Farid Wadjdy akan segera berakhir 17 Desember 2013. Dalam lima tahun kepemimpinan keduanya, banyak kemajuan yang telah dinikmati masyarakat. Berbagai keberhasilan mendapat pengakuan pemerintah pusat dan lembaga-lembaga internasional.  
Awang - Farid sudah menyiapkan pondasi awal untuk pembangunan ekonomi Kaltim masa depan berbasis sumber daya alam terbarukan (renewable resources) dan tidak lagi bergantung pada kekuatan sumber daya alam tak terbarukan (renewable resources).
Keduanya juga sangat menyadari bahwa saat ini rakyat sangat membutuhkan transportasi yang layak. Sebab itu, pembangunan infastruktur untuk mendukung transportasi yang layak seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara terus dilakukan.
Masyarakat tentu sangat berharap, kelanjutan pembangunan di daerah ini akan diteruskan oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur periode 2013 - 2018 yang akan dilantik 17 Desember 2013.

UPACARA TERAKHIR - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wagub H Farid Wadjdy bersama jajaran FKPD dan anggota Paskibraka yang bertugas menaikkan bendera seusai upacara HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Stadion Madya Sempaja. Ini adalah upacara 17 Agustus terakhir bagi Wagub Farid Wadjdy yang akan mengakhiri masa tugasnya pada 17 Desember 2013 mendatang

 

GUBERNUR BARU - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie melakukan salam komando usai pelantikan di Jakarta. Pemekaran Kaltara diharapkan mempercepat laju pertumbuhan kawasan utara di pulau Kalimantan tersebut. Gubernur Awang Faroek pun menegaskan, Kaltim akan membantu Kaltara
 

 

 

 

 

CEGAH TERORIS - Wakil Gubernur Kaltim  H Farid Wadjdy menerima cindera mata dari Ketua BNPT Ansyaad Mbai pada pembukaan Dialog Pencegahan Terorisme dan Pengukuhan Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltim.

 

 

 

 

 

 

 

Membangun dan Memberi Penghargaan

Penghargaan demi penghargaan diterima Provinsi Kalimantan Timur di masa kepemimpinan Awang-Farid hingga pada menjelang akhir periode 2008-2013 membuahkan hasil dengan diterimanya penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2013 dengan predikat nilai B+ yang diserahkan langsung oleh Wapres Budiono kepada Awang Faroek. Keberhasilan pembangunan dalam lima tahun ini ditunjukkan pula dengan prestasi kabupaten/kota se-Kaltim, dan untuk itu Gubernur juga memberikan penghargaan berupa Anugerah Kaltim Award 2013 yang diserahkan dalam rangka peringatan HUT ke-56 Provinsi Kaltim. Tidak terkecuali itu Gubernur juga berkunjung langsung ke daerah-daerah memantau pembangunan yang sedangkan berjalan seperti yang terekam dalam foto-foto yang dihimpun oleh Biro Hubungan Masyarakat Setdarov Kaltim berikut ini.

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak beraudensi dengan jajaran Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Kamis (7/2). Pada saat itu, Gubernur meminta para petani-nelayan mendukung program-program Pemerintah khususnya bidang pertanian dalam program Rice and Food Estate di Kaltim.


 

 

 

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Tim PKK Kota Samarinda yang berhasil meraih peringkat IV Nasional pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Berimbang Sehat dan Aman) di Padang Sumatera Barat pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 tahun 2013, Kamis (31/10).
 

 

 

 

 

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur atas prestasi dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2013 dengan predikat nilai B+. Penghargaan untuk Kaltim merupakan yang kelima yang diperoleh secara berturut-turut sejak 2009 lalu. Wakil Presiden Boediono menyerahkan penghargaan itu kepada Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Istana Wapres, Senin (2/12).

 

 

 

 

 

 

 

 

Selama lima tahun terakhir banyak perestasi yang ditorehkan, sebagai bentuk pengakuan terhadap kinerja Pemprov Kaltim. Meskipun penghargaan tersebut hanya merupakan bagian dari bukti keseriusan jajaran Pemprov Kaltim di bawah kepemimpinan Dr H Awang Faroek Ishak dan H Farid Wadjdy untuk meningkatkan pembangunan Kaltim yang pada akhirnya untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat di daerah ini.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Wagub Farid Wadjdy dan Ketua DPRD Kaltim saat menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-68 yang berlangsung di GOR Sempaja Samarinda, Senin (16/12)


 

 

 

 

 

Kinerja Pemprov Kaltim bidang pemberdayaan perempuan dan persamaan gender mendapat pengakuan nasional dengan diterimanya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Budhiono yang diterima Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wdjdy di Aula Balai Kartini, Jakarta

 

 

 

 

 

Provinsi Kaltim mendapat penghargaan atas komitmen dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) kehutanan melalui pembinaan yang baik terhadap tenaga penyuluh. Penghargaan diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Gedung Manggala Wana Bakti di Jakarta

Berita Terkait